Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Obat Tradisional / 5 Ramuan Tradisional Untuk Menghitamkan Rambut Secara Alami

5 Ramuan Tradisional Untuk Menghitamkan Rambut Secara Alami

/
/
964 Views

Di Indonesia, sebagian besar orang memiliki rambut yang berwarna hitam. Warna rambut yang hitam dianggap subur dan indah, sementara rambut yang berwarna coklat apalagi putih akan dianggap tidak normal.

Bagi orang-orang yang telah lanjut usia, berambut putih atau beruban adalah hal yang wajar. Namun bagi mereka yang masih muda, rambut beruban tentu saja adalah masalah. Oleh karena itu, di artikel rambutalami.com kali ini kita akan membahas beberapa cara alami menghitamkan rambut.

Saat ini ada banyak sekali produk kesehatan yang disebut memiliki kandungan gizi yang dapat memperbaiki sel-sel rambut, membuatnya subur dan ditumbuhi rambut yang berwarna hitam.

Tentu saja cara tersebut bisa dan umumnya instan, sayangnya harganya mahal sehingga tidak bisa digunakan oleh semua kalangan.

Kondisi rambut pada dasarnya adalah cerminan kesehatan. Rambut yang tidak sehat seperti kusam atau berubah warna pertanda sistem metabolisme tubuh tidak bekerja dengan normal.

Sehingga cara menghitamkan rambut yang paling baik adalah dengan cara meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh dan hanya menggunakan bahan-bahan alami yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang cara alami menghilangkan uban dan menghitamkan kembali rambut, kita perlu mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab rambut memutih atau beruban.

Menghitamkan rambut dengan cepat
Menghitamkan rambut dengan cepat

Pada umumnya rambut yang tidak lagi hitam disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kurangnya zat para amino asam benzoat,
  • Minyak rambut atau shampoo yang tidak cocok,
  • Menggunakan air yang tidak bersih
  • Terlalu sering terkena paparan sinar matahari
  • Akibat stres
  • Gizi buruk
  • Faktor keturunan
  • Menderita penyakit berat atau sedang dalam masa pengobatan
  • Adanya gangguan ginjal, keracunan logam berat, kelainan imunitas, kelainan hormon, sinar X

Dan gejala-gejala rusaknya rambut yang menyertai antara lain: rambut menjadi luntur dan berubah warna menjadi kecokelatan atau keputih-putihan, kasar, kusam dan kusut.

Jika anda mengalami keadaaan seperti ini, tidak perlu risau karena beberapa tanaman yang mudah dijangkau disekitar kita dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan uban atau warna putih atau cokelat pada rambut.

Sehingga rambut kita bisa kembali hitam tanpa perlu menghabiskan banyak uang ditempat perawatan yang biayanya mahal.

Cara Alami Menghitamkan Rambut dan Menghilangkan Uban di Kepala

kembang sepatu menghitamkan rambut
Ramuan tradisional kembang sepatu untuk menghitamkan rambut.

Rambut yang hitam merupakan perhiasan berharga bagi sebagian besar orang. Bahkan bagi wanita, rambut adalah mahkota kecantikan. Oleh karena itu, merawat rambut agar tampil hitam, subur dan tetap kelihatan sehat sangat diperlukan.

Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut sekaligus menghilangkan uban di kepala secara alami.

Ramuan ini dihimpun dari berbagai sumber antara lain dari tabloid senior, Ramuan pusaka prima raga dan Jamu jawa asli.

1. Ramuan tradisional daun Kembang Sepatu untuk menghilangkan uban di rambut

Siapkan 10-15 helai daun kembang sepatu. Kemudian cuci lalu remas-remas sampai keluar lendirnya. Masahi kulit kepala dan rambut dengan lendir daun kembang sepatu tersebut.

Diamkan sesaat kemudian keringkan. Lakukan selama dua minggu sekali maka dalam waktu yang tidak lama, rambut putih akan menghitam kembali.

Resep lain menghilangkan uban menggunakan daun kembang sepatu adalah:

Siapkan dua genggam kembang sepatu dan satu buah jeruk nipis. Tumbuk kembang sepatu sampai halus, tambahkan dengan dua gelas air dan saring. Gunakan air tersebut untuk keramas rambut.

Kemudian bersihkan rambut dengan air bersih. Lalu cuci kembali rambut dengan campuran air dengan jeruk nipis. Biarkan beberapa menit kemudian bilas rambut dengan air bersih dan keringkan.

2. Ramuan Kelapa Hijau untuk menghitamkan rambut

Kelapa hijau atau yang masih muda ternyata juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Caranya, ambil satu biji kelapa hijau dan sedikit garam dapur.

Daging kepala diparut kemudian campur dengan air kelapa dan garam. Campuran ini diperas dan didiamkan semalaman. Kemudian air perasan yang telah didiamkan digunakan keramas selama tujuh hari berturut-turut.

3. Manfaat Biji Pepaya sebagai penghitam rambut

Ramuan ini termasuk paling mudah dilakukan, bahan yang digunakan adalah biji pepaya dan minyak kelapa. Caranya, ambil 30 biji pepaya kemudian gongseng dan tumbuk sampai halus. Campur dengan satu sendok minyak kelapa kemudian gosok pada bagian kulit kepala yang beruban.

4. Hitamkan rambut menggunakan Alpukat

Ternyata alpukat selain rasanya yang nikmat dan bermanfaat bagi kulit tubuh juga dapat digunakan untuk menghilangkan rambut putih atau uban di kepala. Cara mengolahnya adalah, ambil satu buah akpukat kemudian haluskan dan campur dengan air jeruk.

Balurkan campuran tersebut ke rambut dan tutup rambut dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam kemudian bersihkan rambut dengan shampo yang lembut.

cara menghitamkan rambut
Cara alami menghitamkan rambut. Foto: asianetindia.com

5. Air Teh untuk hilangkan uban di kepala

Mungkin ini adalah ramuan tradisional paling mudah dan gampang dilakukan untuk mengilangkan uban dan menghitamkan rambut kembali.

Ambil dua sendok makan teh kemudian seduh dengan air mendidih pada pagi hari lalu diamkan selama 24 jam. Keesokan harinya, gunakan air teh tersebut untuk membasahi rambut. Lakukan setiap pagi selama beberapa minggu.

Pengobatan tradisional Cina telah membuktikan bunga sepatu sebagai ramuan alami untuk menghitamkan rambut dari akarnya. Beberapa resep lain yang umum digunakan di masyarakat adalah menggunakan bahan Merang, Urang-aring, dan daun Mangkokan.

Kesemua bahan tersebut dapat ditemukan di pasar tradisional dan sangat mudah untuk mengolahnya menjadi ramuan penghitam rambut alami.

Studi Kasus Membuktikan Khasiat Bunga Sepatu Untuk Menghitamkan Rambut Putih

Dikutip dari tabloid Senior, disebutkan bahwa seorang pria bernama Ashadi mencoba ramuan Bunga Sepatu untuk menghitamkan kembali rambutnya.

Ashadi yang dikenal warga disekitar rumahnya memiliki rambut putih atau uban berhasil membuktikan khasiat ramuan bunga kembang sepatu. Rambut Ashadi mulai menghitam sejak dia memakai ramuan tersebut.

Disebutkan bahwa khasiat ramuan tersebut mencapai 80% dapat menghitamkan rambut secara alami. “Minimal ramuan ini akan menghambat tumbuhnya uban baru di kepala,” ujar Ashadi yang kini memiliki rambut hitam legam alami.

Nah bagi anda yang memiliki masalah rambut putih atau uban, anda bisa mencoba ramuan tradisional di atas untuk menghitamkan rambut anda secara alami, selamat mencoba.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

32 Comments

  1. Saya telah membaca artikel tentang cara menghitamkan rambut beruban
    :)saya akan mencoba !!!
    Trims, kutunggu artikel berikutnya

    • @ririn sebaiknya anda menggunakan biji pepaya sama minyak kelapa atau yg lebih mudah minyak kemiri. insya’allah hilang uban nya

  2. Thank’s banget atas artikel yg sangat bermanfaat saya akan memraktekanya mudah2an dengan cara trsebut si uban bisa lenyap….

  3. ijal, saya ingin mencoba apa benar obat tradisional berkasiat, tapi ingat uban salah satu pertanda seseorang udah dekat dengan kematian/ajal.

    • Ga juga sih …emang yg menentukan umur itu dr uban??? Hadehhhh aneh aneh aja. Lach wong buktinya anak kecil yg blm beruban aja byk yg sdh mati. Ingat ya mati itu sdh di tentukan di saat manusia msh ada di dlm kandungan ibu nya ( usia kandungan 4 bln )…semua garis hidupnya sdh di tentukan trmasuk dg kematiannya( jodoh, rezeki, kematiin sdh di tentukan oleh alloh SWT..

  4. Tahukah anda bahwa rambut tumbuh uban jika sudah waktunya itu menandakan kesehatan dan kematangan jiwa anda….ini hasil penelitian secara klinis dan psikologis….dan betapa banyak manfaat uban di kepala….sayang deh kalau dihitamkan.

  5. Rambut sehat emang harus dijaga..dan uban ibarat mahkota buat kita..kalau yg nggak mau beruban, berarti nggak pengin punya mahkota donk..hehehe
    trims artikelnya..sangat bermanfaat.

  6. Rambut uban…ternyata kematian makin dekat…. gk percaya…. tunggu aja…. buktikan jgn banyak cocot……kmatian pasti ada….

  7. Pake semir aja ibu bpak tante om adik kaka teteh.. Buanyak d toko indo alfa ceria mina mart martan lh…
    Di jamin 100% pke rutin aja.. Kalo bisa sambil d kasih minyak zaitun.. Lambat laun hilang…

  8. rambut putih itu keren dong…. orang eropa aja tidak mikir kalo ramputnya putih. orang yg hanya mikir rambutnya aja itu salah dong….. yang dipikir bekal untuk kematian. itu baru coy…..

  9. terimakasih sarannya sangat bermanfaat, semoga dengan cara di atas uban saya jadi lebih sedikit dan tidak akan tumbuh lagi, walaupun terbilang usia saya sudah tua, tapi boleh jugalah cara di atas untuk di coba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage