Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Lagi Secara Alami

Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Lagi Secara Alami

/
/
320 Views
Rambut Rontok Bisa Tumbuh kembali
Rambut Rontok Bisa Tumbuh kembali

Bagi setiap orang, masalah rambut rontok mungkin hal yang biasa terjadi. Tidak ada orang yang tidak pernah mengalaminya. Namun apakah rambut yang rontok tersebut dapat tumbuh kembali secara alami?

Tentu saja bisa. Setiap rambut yang rontok akan dapat tumbuh kembali secara alami.

Pada umumnya, seseorang akan mengalami kerontokan rambut sebanyak 50 hingga 100 helai rambut setiap harinya.

Tapi jika seseorang mengalami kerontokan yang lebih parah, maka ia wajib mendapatkan penanganan dari dokter spesialis.

Meskipun bukan penanganan khusus, tapi kerontokan rambut yang parah dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri atau minder, bahkan kerontokan parah yang terlalu lama dibiarkan dapat menyebabkan kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok

Ada berbagai penyebab terjadinya kerontokan pada rambut yang harus Anda hindari agar kerontokan tidak semakin parah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Stres

Hampir 80% orang yang mengalami kerontokan rambut diakibatkan oleh stres atau depresi. Stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Salah satunya adalah meningkatnya hormon testosterone yang merangsang produksi hormon DHT. Hormon DHT inilah yang menyebabkan kerontokan rambut karena ia memang berfungsi untuk merontokkan rambut.

Stres juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang akan membuat sistem kekebalan tubuh justru menyerang balik folikel rambut.

Folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan akar rambut menjadi lemah dan rambut pun menjadi mudah rontok.

Anda dapat mengatur tingkat stres dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti piknik, menonton bioskop, atau karaoke.

Dengan merilekskan tubuh dan pikiran, maka stres pun akan berkurang dan rambut juga dapat kembali tumbuh dengan normal. 

  1. Paparan bahan kimia

Mungkin sebagian orang sangat menyukai perawatan rambut yang kebanyakan justru mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut.

Misalnya saja penggunaan wax atau gel rambut yang berlebihan. Penggunaan wax atau gel rambut yang terlalu sering akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

Kandungan lilin di dalamnya dapat menyebabkan batang rambut menjadi kering, kulit kepala menjadi iritasi, dan bahkan dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala dan tengkuk.

Begitu pula dengan cat rambut yang dianggap memberikan tampilan yang menarik dan fresh pada rambut, namun faktanya justru akan merusak rambut Anda.

Cat rambut mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang akan merusak rambut. Rambut yang terlalu sering diwarnai akan menjadi mudah patah, kering, dan bahkan iritasi pada kulit kepala.

Hindari sebisa mungkin untuk menggunakan berbagai produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia.

Jika memang tidak bisa dihindari, maka sebaiknya tidak mencampur dua produk dalam satu perawatan, digunakan hanya saat acara tertentu saja, dan tetap memberikan vitamin rambut secara rutin. 

  1. Sinar matahari

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kerontokan rambut. Sinar matahari membuat batang rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Kerusakan pada batang rambut ini dapat menyebar hingga ke akar rambut sehingga rambut pun akhirnya rontok. Gunakanlah topi atau pelindung saat berada di luar ruangan.

Oleskan pelembab pada rambut agar rambut terlindungi saat berada di bawah sinar matahari. 

  1. Kurang nutrisi

Bukan hanya anggota tubuh penting seperti paru-paru dan jantung saja yang membutuhkan nutrisi, tapi juga rambut. Rambut membutuhkan beberapa nutrisi penting agar tetap lebat, kuat, dan lembut.

Kurangnya asupan nutrisi pada rambut dapat disebabkan karena tertutupnya pori-pori pada kulit kepala akibat adanya penumpukan lemak atau kotoran.

Bersihkan kulit kepala dengan sampo anti ketombe untuk membersihkan kotoran yang menutupi pori-pori kulit kepala.

Anda juga bisa menambahkan baking soda dan bubuk mustard ke dalam sampo yang Anda gunakan untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala.

Baking soda juga akan membunuh bakteri dan jamur yang membuat kulit kepala menjadi gatal. Dengan terbukanya pori-pori kulit kepala, maka nutrisi dari luar pun dapat terserap dengan optimal, rambut pun menjadi kuat dan sehat.

Selain mendapatkan nutrisi dari luar, rambut juga membutuhkan nutrisi dari dalam, yakni melalui makanan. Makanlah makanan yang banyak mengandung zat seng, kalium, fosfor, protein, dan vitamin lainnya.

Beberapa makanan yang mengandung nutrisi tersebut adalah telur, minyak zaitun, bayam, kacang almond, teh hijau, apel, dan brokoli.

  1. Usia

Penyebab kerontokan rambut juga diakibatkan oleh faktor usia. Ketika seorang pria telah memasuki usia 50 tahun, maka hormon DHT akan semakin meningkat sehingga rambut menjadi rontok.

Sedangkan wanita biasanya mengalami kerontokan rambut setelah mengalami masa menopause.

Kerontokan pada pria memiliki pola yang berbeda dengan wanita. Pada umumnya seorang pria akan mengalami kerontokan rambut yang terpusat pada bagian tepi rambut depan atau dahi.

Jarak tepi rambut pada dahi akan semakin jarang, begitu pula pada bagian tengah kepala yang akan semakin menipis.

Sedangkan pada wanita, kerontokan rambut terjadi pada bagian kepala secara merata. Tanda yang paling terlihat hanyala jarak belahan rambut yang semakin jarang.

Kerontokan rambut akibat usia masih bisa ditangani. Beberapa pengobatan atau perawatan rambut dapat membantu mengurangi kerontokan rambut, misalnya dengan menggunakan DHT blockers atau penghambat hormon DHT.

Namun jika telah terjadi kebotakan permanen, kini telah ada teknologi canggih tanam rambut yang membuat Anda bisa kembali memiliki rambut layaknya rambut asli.

Bagaimana Menumbuhkan Rambut Rontok

Itulah beberapa penyebab masalah kerontokan rambut yang biasanya terjadi. Namun Anda tidak perlu risau jika rambut Anda mengalami kerontokan.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi kerontokan rambut:

  1. Kemiri

Cukup sangrai kemiri yangtelah ditumbuk kasar hingga gosong. Kemudian tumbuk kemiri yang telah gosong tadi hingga halus dan mengeluarkan minyak.

Oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut yang mengalami kerontokan dan biarkan selama 30 menit. Bilas rambut hingga bersih dan lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

  1. Lidah buaya

Siapa yang tak kenal dengan manfaat lidah buaya yang menyuburkan rambut? Cukup oleskan gel lidah buaya yang berwarna bening dari daging lidah buaya pada bagian kepala yang mengalami kerontokan.

Biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas rambut hingga bersih. Lakukan setidaknya sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang kuat, sehat, danlebat kembali.

  1. Telur

Telur memang menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk mengatasi masalah pada rambut, termasuk masalah kerontokan rambut.

Kocok lepas kuning telur lalu oleskan pada kepala secara merata. Biarkan selama 30 menit dan bersihkan rambut hingga bersih. Ingat, gunakan sampo yang wangi agar bau amis pada rambut hilang dan bersihkan hingga kulit kepala agar kepala tidak gatal-gatal.

Itulah beberapa cara alami dalam mengatasi kerontokan rambut. Rambut yang rontok akan segera tumbuh kembali jika Anda memberikan perawatan yang tepat pada rambut.

Demikiankah artikel tentang kerontokan rambut ini, terima kasih.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage