Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / 3 Penyebab Utama Rambut Beruban di Usia Muda

3 Penyebab Utama Rambut Beruban di Usia Muda

/
/
1007 Views

Uban atau rambut putih di kepala adalah salah satu tanda usia mulai tua, meskipun ada pula orang yang mengidentikkannya dengan kedewasaan dan sikap bijaksana. Tetapi apabila helai-helai uban itu datang di usia muda maka itu berarti ada yang tidak berjalan normal di dalam tubuh.

Mengapa uban bisa tumbuh terlalu cepat padahal usia masih sangat muda, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi uban yang kian hari kian banyak itu?

Uban yang muncul terlalu cepat bisa terjadi pada pria dan wanita. Meskipun pria terlihat lebih sering mengalaminya, banyak juga wanita muda yang memiliki rambut beruban, tetapi kebanyakan wanita mampu menutupi ubannya dengan beberapa cara sehingga tidak akan terlihat jelas.

Bisa dibayangkan bagaimana kagetnya anda jika suatu hari anda menyisir rambut dan bercermin lalu tiba-tiba melihat beberapa helai uban di kepala anda.

Jangankan anda yang masih muda, orang-orang yang lanjut usia juga akan mengalami apa yang disebut gelisah dan perasaan tidak nyaman apabila sedikit demi sedikit kepala ditumbuhi rambut putih beruban.

Rambut yang beruban bisa berarti banyak hal, mulai dari sebagai tanda proses penuaan, tubuh yang menerima tekanan terlalu besar, kurang gizi, kemungkinan ada penyakit berat yang diderita, sampai karena faktor keturunan. Semuanya bisa menyebabkan rambut memutih meskipun belum waktunya.

Penyebab Uban Muncul Terlalu Cepat

Masih ingat dengan film Pendekar Rajawali yang perankan Andy lau? sejak berpisah dengan wanita yang dicintainya, Yoko menjadi stres dan rambutnya yang hitam panjang berubah memutih di usianya yang relatif masih muda. Stres memang salah satu faktor penyebab ubanan sebelum waktunya.

Stres sebabkan munculnya uban
Stres sebabkan munculnya uban

Berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut menjadi putih dan ubanan meskipun usia masih muda.

I. STRES

Hati-hati dengan stres, meskipun anda merasa sehat tetapi tubuh anda tanpa disadari akan menerima tekanan akibat pikiran yang sedang stres. Menurut Dr. Wirda, spesialis kulit dan kelamin dari RS Mitra Keluarga di Jakarta, stres menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut.

Melanin ini dihasilkan oleh sel melanosit, dan rambut berubah warna menjadi putih karena melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup.

Macetnya produksi melanin karena stres biasanya sifatnya sementara saja, setelah faktor penyebab stres hilang atau masalah sudah terkendali maka maka produksi melanin kembali normal dan rambut hitam kembali muncul di kepala.

“Karena itu cara terbaik mengatasi rambut uban tumbuh adalah dengan mengatur keseimbangan kerja dan istirahat, dengan demikian stres bisa diatasi dengan baik,” ujar dr. Wirda sebagaimana dikutip dari tabloid Senior.

Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B12 juga dapat menghambat dan mengatasi pertumbuhan uban di kepala. Menurut Diana Bihova, dari Medical Centre Universitas New York, stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12.

Terkurasnya vitamin B12 akan mempercepat tumbuhnya uban di kepala. Selain itu, perbanyak tertawa dan lepaskan stres anda dengan selalu berpikir positif, cara ini diketahui dapat menghambat dan mengatasi uban pada rambut.

II. GIZI BURUK

Faktor lain penyebab uban muncul sebelum waktunya adalah gizi yang buruk. Terkadang asupan makanan harian yang dikonsumsi tidak seimbang menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan mempengaruhi kesehatan rambut.

Tidak hanya itu, gizi yang buruk juga akan mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara umum. Pada anak-anak yang menderita gizi buruk umumnya memiliki rambut yang kemerahan, kusut dan tampak tidak sehat.

Meskipun terkadang makanan sudah mengandung gizi yang baik tapi menjadi tidak bermanfaat jika ada gangguan pencernaan misalnya luka pada lambung yang akan membuang gizi dan mengganggu metabolisme tubuh. Dampaknya secara tidak langsung berimbas pada kesehatan rambut.

III. FAKTOR GEN

Selain kedua faktor di atas, salah satu faktor lain yang mempengaruhi uban muncul dengan cepat padahal usia masih muda adalah faktor gen. Catatan tubuh tentang rambut putih tersimpan dalam kromosom yang diwariskan dari orang tua ke anak.

Ini artinya apabila orang tua memiliki masalah rambut beruban pada saat masih muda maka kemungkinan besar masalah tersebut juga akan di turunkan pada anak atau cucunya kelak.

Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas rambut dan menyebabkan munculnya uban di kepala meskipun usia masih muda, beberapa penyakit berat juga cenderung membuat rambut beruban pada remaja.

Selain itu adanya gangguan metabolisme, masalah pada ketahanan tubuh, gangguan fungsi ginjal, ada kelainan hormon dan paparan sinar X juga berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.

Uban tidak lagi monopoli orang-orang tua, perkembangan zaman dan pengaruh lingkungan yang tidak sehat menyebabkan banyak anak muda yang juga mengalami uban di kepalanya. Karena itu mulai sekarang kita sebaiknya menghindari faktor-faktor yang dapat memicu tumbuhnya uban terlalu cepat agar kita tidak mewarisinya ke anak cucu kita kelak.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

61 Comments

    • Skrg umur saya 25th,sejak SD daya juga begitu,sampe skarang. SD-SMK dan skarang pun demikian.. Intinya org yg menganggap ini aneh adalah org yg bnyak kurang sebenarnya..Dlm pergaulan sejak skolah saya memang anggap ini memalukan karna kawan akan menertawakan kelainan rambut ini.. Tp klo dipikir2 skrg tak usah dihirau kan ya bagi yg masih muda dan sekolah,krna oleh kekurangan ini kita lebih sabar dan pola pikir lebih bagus.. Ini bisa juga disebabkan oleh pola stress dan makanan,stress bisa saja masalah hidup,krna seperti saya sejak kecil pikiran lebih saya kuras dibanding yg lain.waktu kecil saya sudah mikirkan masalah yg dipikirkan org tua..dan soal pola hidup saya trmasuk miskin ekonomi tp kaya hati. Maka nya soal asupan gizi makanan apa ada aja,jarang sayur dan buah2.. Soal keinginan warnai rambut saat masih skolah boleh saja,agama pun tak larang warnai uban ya..ada dlm alquran hadist,warnai lah selain warna hitam..cek google masalah dlm islam mengenai ini. Dlm islam ubanan prtanda kematangan pemikiran baik itupun jika pemikir,malahan dianjurkan jgn dicabut ya muda/tua..krna 1 helai uban akan dihitung kebaikan,dan bercahaya bagi yg pantas.. Salam Reply Tulis Komentar Comment

  1. Rambut saya memutih sejak kelas 6 sd.dan lagi saya wanita..kata ayah saya itu faktor keturunan..hanya ayah saya dan saya yang seperti itu..apa itu berarti ada masalah dengan gen saya?.
    Infonya sangat bermanfaat terimakasih

  2. sama hal nya dengan saya .. saya baru berumur 19 tahun .. tapi terkadang saya suka muncul uban di bagian atas belakang kepala saya doang .. dan terkadang uban ith hilang .. lalu muncul lagi dan begitu terus ..
    saya bingung apakah ith ? kalo soal ketawa ,,saya paling hobi
    dan bagaimana mengatasi nya

  3. Saya Juga Usia Saya 14 .Tapi sudah uban .saya sering diejek …mungkin saya terlalu memikirkan game yg ada di warnet.. Mungkin itu masalahnya …Tolong INFONYA!!!!!

    • Ternyata banyak juga ya yg beruban di usia muda termasuk saya , yg dirasa malu apalagi kalo di omongin ditmpat umum sama temen sendiri pengenya di tutupin . Tapi mendengar bnyak keluhan kaya gini saya jadi ga merasa ga aneh lagi he bikin grup ada yg mau ? Biar bareng bareng cara mengatasinya gmna cari solusi

  4. saya sudah beruban sejak kelas 3 SMP , dan saya mmg dr kecil suka memikirkan masalah yg akan terjadi dimasa depan mungkin itu penyebab saya beruban….
    Tapi dari SD sampe saya masuk sekolah Kedinasan Sekaarang alhamdulilah saya sllu berprestasi samppai saya diterima di Sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.
    Trims, don’t Be shame guys

    • Sama, saya jg begitu.. sial presetasi akademik ya lumayan.. tp uban ini kyknya gara2 stres… apalagi sekolah saya internasional yg pelnya susah ama pr nya banyak…

  5. saya baru berusia 18 thn tapi rambut yg memutih sudah cukup banyak . kenapa ini semua terjadi , tidakk kuasa menanggung semua ini tidak roma tidak cukup roma

  6. Ternyata saya tidak sendirian, yosh.. trimakasih buat sahabat yg post komentar bikin saya sedikit percaya diri..
    Saya jga dr SD beruban, sampai SMA malah tambah parah, malu ma tman bahkan sring jd bahan ejekan.. ya saya anggap mrk jg bergurau. Tapi tetap saja malu, pernah saya cabuti tp saya tau bahwa islam tidak boleh mencabut uban krn itu Mahkotamu Di Akhirat, Cahaya (cman info saja), saya juga tdak pernah ikut kgiatan di sekolah ato masyarakat apapun itu..
    Tp skarang sy tidak peduli Be Your Self.. krn masih ada saudara kita yg lebih byk kekurangan dr pada kita. “Kamu tdak sendirian” camkan dlm hati. Terima kasih Infonya.

  7. Terima kasih buat yg post komentar.
    Itu membuat saya lebih percaya diri.Saya merasa ini cukup memalukan saya sering diejek oleh teman teman dibilang tua lah.adapun teman saya yg memberikan saran untuk mewarnai rambut tp menurut saya kekurangan ini lah yg membuatku lebih baik.yoshh KAMU TIDAK SENDIRIAN

  8. bagi yang agama islam jangan mewarnai rambut dengan warna hitam atau coklat atau yang mendekati warna asli rambut , kalo mau warna merah sekalian atau warna lainnya karena Uban diwarnai kewarna asli itu hanya diperbolehkan zaman rasul perang dulu sekarang sudah diharamkan semoga Bermanfaat 🙂 Saya Ubanan juga kok umur 17 tahun saya bangga dengan uban saya karena dikuburan kelak akan jadi cahaya yang menemani gelap nya kuburan Terima Kasih Yang Udah Baca Salam Kenal Dari BELITUNG

  9. Kenapa waktu aku 6th ampe 28th masi tumbuh uban diatas embun kepala padahal sering aku jabutin tiap 1minggu sekali tp tetap tumbuh cepat ,,,,,,,,,,,,,kasih solusi dong

  10. Hehehehe,,, aku kira cuma aku yang ubanan ternyata ada temen nya geng aku Denis asal blitar umur 13 tapi udah ubanan hhhhhhh ,,, Kadang juga malu sih diketawain sama temen sekelas…. Kata temen sekelas aku yang jadi kepala suku soal nya dikira aku yang paling tua

  11. Oh hayo… Saya keturunan dari clan senju, Alhamdulillah rambut saya putih semua, tetap semangat teman2 semua, karena dengan rambut putih bisa menambah keren ….arigato

  12. hello semua.. rambut beruban menurutku sangat memalukan bagi orang yg bodoh. tetapi bagi orang yang berpikir, justru itu adalah kelebihan istimewa yg orang lain tidak memiliki.
    tetap semangat semua.. Allah mempunyai rencana yang terbaik buat kalian.. be your self.. semangat!!

  13. Saya beruban sejak msh sekolah di SMK dulu STM. Sampai sekarang sdh umur 41 thn, rambuh yg putih lbh byk drpd yg hitam.
    Sebenarnya kadang malu tp kl dipikir sebenarnya anak muda beruban itu dianggap aneh krn kebanyakan org indonesia berambut hitam, jd yg berambut putih jd minoritas shg kelihatan aneh.
    Coba kl yg berambut putih lbh byk, kan jd biasa gak aneh lg. Jadi mari kita bersama2 jgn menutupi rambut kita yg putih, kita biarkan aja rambut putih jd hal yg lumrah/umum di masyarakat kita.. seperti kulit putihbdan kulit hitam… knapa haris malu. Okey mari kita ciptakan uban itu lumrah/hal biasa dan alami. Be enjoy…

  14. Rambut beruban,gue juga sama.Malah gue sering di ejek di sekolah padahal umur gue 15 th,tepi gue pikir aja 1 uban itu satu kebaikan dan uban akan menjadi cahaya di saat menyebrangi jembatan sirotol’mustaqim nanti di ahirat(bagi yang muslim).Jadi angep aja kita yang akan terpilih untuk ke surha..,(malah Cool dan keren seperti tokoh anime HATAKE KAKASHI bagi cowox dan bagi cewex cantik dan imut kayak tokoh anime YUNNA).So santai aja bro.

  15. umurku sekarang 17 tahun sejak sd hingga kini saya memiliki uban,penyebapnya mingkin faktor gen ,intinanya syukuri aja apa yang telah diberikan allah ,janganlah mewarnai rambut anda karna akan memper banyak uban

  16. Rambut beruban diusia 15 thn :v ngerasa aneh si aku kira karna rambut rusak ternyata dapat keturunan dari ayah rambut jadi beruban. Setiap cabut uban rasanya kepala pusing jadi pengen kepala dihantamkan ke tembok. Yg rambutnya beruban padahal masi muda sabar aja yaa derita kita sama?

  17. Td saya fikir saya yg pling parah kehidupannya memikirkan uban dikepala…saya jd semangat setelah membaca komentar teman-teman semua..mulanya saya malu saya tkut disisihkan dari yg lain,sekarang saya harus percaya diri…saya hrus ikhlas..semoga suami saya tetap cinta dan sayang walaupun rambutku sdh mulai memutih semua…aminnnn….!

  18. Saya dari kelas 2 SMP udah keluar uban makin lama makin banyak dan sekarang saya kelas 1 SMA masih keluar udan gimana cara mengatasinya?

  19. Saya juga baru 20 thn.lo ko udah beruban .hati gelisah tak menerima….tapi ingat lagi bahwa apa yg ditakdirkan pasti ada hikmahnya.supaya tetep pakai jilbabnya dan jangan dibuka penutup kepalanya.

  20. gk nyangka, ternyata banyak jga ya yg rambut nya memutih pada usia muda. saya kira cma saya yg punya tuh rambut putih pada usia remaja.haha
    padahal umur ku masih 15 tahun
    mengapa sudah mempunyai rambut putih ya, tolong info cara mengatasinya
    malu jga saya mempunyai rambut putih
    krna umur masi 15 tahun

  21. Saya Beruban Sejak setahun Yang lalu,, Umur saya mau 14 thn Tapi Di Bagian Samping Dan Belakang Susah Ada Uban,, Apa Mungkin Karena Saya banyak Memikirkan org lain Atau Karena kekurangan vitamin rambut,, Saya Di Kelas Dan Di Lingkungan Rumah Sering Di Bilang Sudah Tua,, Katanya Dalam islam anak Anak Dan Remaja Apa bila Telah Tumbuh rambut putih nya maka itu pertanda Tanda Kiamat,, kalau D warnai haram, lalu bagaimana cara menghitam kan nya lagi?

  22. saya sudah muncul uban sejak muda, ketika lulus kuliah.. Saat ini sudah bekerja dan rambut hampir semua putih, kepikiran malah mau dibuat putih semua sekalian, biar keren. kayak tokoh anime kebanyakan. So keep calm and stay cool with white hairs.

  23. Kirain saya itu gara” kebanyakan hafalan hhe..
    Tp, yg di maksd stress itu yg brat atau stress ringan??

  24. usia saya 23 tahun skrng uban saya sudah mulai banyak keliatan . apa mungkin penyebab dari saya ini pengaruh sering berpikiran kurang bagus .

    • Penyebabnya aslinya itu tekanan pikiran ,banyak tanggungan ,stres banyak masalah , pasti kalian semua merasakan hal itu kan?

  25. Ternyata banyak juga yg mengalami hal ini termasuk saya. Terimakasih teman teman, sekarang saya yakin dan bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada saya, mungkin ini jalan yg terbaik..
    Meskipun kemungkinan besar ini adalah faktor genetik.

  26. Saya baru berusia 19 tahun, waktu menyisir rambut, saya kaget ada sehelai uban. Lalu saya cari apa penyebabnya, sebelumnya saya telah menerka” apakah ini tanda kematian atau apa.. dan dr yg saya baca ini factor strees dan makanan ternyata mempengaruhi. Ya memang saya suka berfikir keras, tp tidak selalu seperti itu, kadang saya bawa santai juga bisa. Makanan mungkin saya kurang makan sayur, karena tdk suka sayur. Tapi saya pernah baca kalau uban yg semakin banyak pertanda akan meninggal. Lah di usia muda sudah memiliki uban, apa pertanda hidup di dunia tdk akan lama?

  27. Saya jg beruban mas,, sejak lulus smk , efek samping pakai minyak rambut g*tsby .. Sekarang udh gx pakai,, tetap PD aja mas..

  28. saya jga bruban dan rasanya agak menggangu apalagi skarang tambah banyak untung rambut sama lebat jdi gk trlalu nampak :’v saya beruban pertama kali pas saya smp kelas 1 skrang saya sma kelas 3 dan skarang umur saya 15 mau jalan 16 pas smp kelas 1 berarti umur saya 10/11 tahun -_-” kalo dibilang kurang gizi dan gen rsanya gk mungkin ato krna stress? atau ada faktor lain?

  29. Tapi kalo faktor gen gak mungkin, masak saya punya 2 kakak gak ada ubannya blas. Tapi malah saya yang kena uban
    ya syukuri aja lah, walaupun kadang diejek sama teman, dan akhirnya malu

  30. Menurut fatwa ulama besar qatar syeikh yusuf qardhawi,bagi yg masih muda di boleh kan mewarnai rambut dengan warna hitam(cek google)

    Saya berusia 29 tahun sudah beruban,tp saya terkejut ternyata ada yg jauh lebih muda dari saya sudah beruban

    Hehehe….

  31. waah sama ya..saya,27thun tpi uban bnyak bgt..suka ga pede kalo bergaul sama temen..apa karna mikirin belum punya istri jadi rambut cepet beruban ya??

  32. Kemungkinan karena stress kali ya. Memang saya sering memikirkan sesuatu berkepanjangan emosi yang tak terkendali. Semoga saja saya menemukan sesuatu yang dapat membuat saya bahagia. Padahal dulu abang saya jaman dia kuliah ubannya melebihi uban saya dan setelah lulus kemudian bekerja malah sekarang ubannya tidak ada sama sekali. Berarti kan faktor stress juga. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage