Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / 10 Penyebab Utama Rambut Rontok Yang Harus Anda Hindari

10 Penyebab Utama Rambut Rontok Yang Harus Anda Hindari

/
/
266 Views

Ada banyak faktor penyebab rambut rontok pada pria dan wanita. Jika anda sering mengalami kerontokan rambut, maka kemungkinan ada masalah pada rambut atau kulit kepala anda.

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang penting dan memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Memiliki rambut yang panjang, indah, dan sehat tentunya menjadi idaman bagi setiap wanita.

Begitu pula dengan pria yang selalu menginginkan rambutnya menjadi mudah ditata sehingga selalu terlihat rapi dan modis.

Namun bagaimana jika rambut mudah rontok dan membuat penampilan jadi semakin berantakan?

Kerontokan pada rambut sebenarnya adalah hal yang normal karena setiap orang memang akan mengalami kerontokan setiap harinya.

Tapi jumlah rambut yang mengalami kerontokan yang normal adalah 50 hingga 100 helai rambut. Jika seseorang sudah mengalami kerontokan yang lebih parah, maka ia wajib mengatasinya sebelum semakin parah dan menjadi kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok pada Pria dan Wanita

Penyebab rambut rontok dan botak
Penyebab rambut rontok dan botak

Sebelum mengatasi kerontokan pada rambut, hal pertama yang harus diperhatikan adalah penyebab rambut rontok itu sendiri.

Dengan mengetahui penyebab kerontokan pada rambut, maka kita dapat mengatasi kerontokan dengan menghindari penyebab kerontokan.

Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang harus Anda hindari:

  1. Sinar matahari

Tahukah Anda bahwa sinar matahari bukan hanya tidak baik untuk kulit, tapi juga untuk rambut? Ya, sinar matahari menjadi salah satu musuh utama rambut.

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan rambut menjadi patah, rapuh, dan mudah rontok. Hindari sinar matahari sebisa mungkin dan gunakan pelindung saat berada di luar ruangan.

  1. Klorin

Salah satu penyebab rambut rontok yang jarang diketahui orang adalah klorin.

Bagi Anda yang suka berenang, terutama di kolam renang, zat klorin yang terdapat dalam air kolam renang dapat menyebabkan rambut menjadi mudah kusut.

Zat klorin akan membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah jika terlalu sering berenang tanpa pelindung.

Maka dari itu, gunakan kondisioner untuk melapisi batang rambut agar tidak langsung terkena paparan klorin atau pelindung kepala seperti yang biasanya digunakan seorang perenang.

  1. Mencatok rambut

Beberapa orang tidak dapat keluar rumah tanpa mencatok rambutnya. Meskipun rambut menjadi terlihat lebih rapi, namun ternyata kebiasaan ini justru membuat rambut menjadi rapuh, kering, dan mudah patah.

Kondisi rambut yang seperti ini adalah juga penyebab rambut mudah rontok.

Sebaiknya jangan mencatok rambut terlalu sering, cukup ketika akan menghadiri acara penting saja dan pastikan bahwa Anda memberikan pelembab atau vitamin rambut sebelum melakukan pencatokan.

Hindari pula mencatok dengan suhu tinggi yang akan langsung merusak rambut.

  1. Mewarnai rambut

Saat ini banyak terdapat produk perawatan rambut yang beredar di pasaran, tapi ternyata tidak semuanya baik untuk digunakan. Salah satunya adalah cat rambut yang dapat merontokkan rambut.

Mewarnai rambut memang akan memberikan tampilan baru bagi rambut kita tapi jika dilakukan terlalu sering dan tidak sesuai prosedur, maka rambut justru akan menjadi rusak.

Sebaiknya gunakan cat rambut dengan jarak waktu sekitar 3 bulan jika ingin mengganti warna dan jangan mencampur dua produk cat rambut dalam satu pemakaian.

Berikan pula perawatan yang rutin setelah melakukan pewarnaan pada rambut, seperti memberikan vitamin rambut dan kondisioner sesering mungkin.

  1. Stres

Sebanyak 90% orang yang mengalami stres atau depresi akan mengalami kerontokan rambut.

Stres akan memicu beberapa hormon dalam tubuh menjadi lebih banyak atau justru lebih sedikit sehingga menyebabkan masalah pada kulit kepala.

Misalnya saja hormon kortisol yang akan meningkat saat stres akan menyebabkan sistem imun tubuh menurun sehingga akar rambut menjadi lemah dan rambut pun jadi mudah rontok.

Stres dapat terjadi akibat masalah ekonomi, polusi, maupun masalah sosial lainnya.

Berpikirlah positif dalam menghadapi setiap masalah untuk menghindari stres dan istirahat yang cukup setiap harinya agar stres tidak terlalu mengganggu fungsi organ tubuh.

  1. Mengikat rambut terlalu kencang

Kebanyakan orang mengikat rambutnya dengan alasan praktis dan tidak gerah. Namun kebiasaan mengikat rambut ternyata juga dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut jika dilakukan dengan terlalu kencang.

Ikatlah rambut dengan sedikit meregangkan ikatan agar akar rambut tidak stres. Akar rambut yang stres akan menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.

Sebaiknya gunakan ikat rambut yang dilapisi bahan kain daripada karet langsung untuk melindungi batang rambut agar tidak mudah rusak.

  1. Kebiasaan penggunaan sampo

Salah menggunakan sampo adalah faktor penyebab rambut rontok dan mudah berketombe.

Kebanyakan orang selalu setia dengan penggunaan sampo yang sama, padahal kebiasaan ini sebenarnya tidaklah tepat. Penggunaan sampo harusnya disesuaikan dengan kondisi rambut.

Jika Anda sedang mengalami masalah ketombe, maka gunakan sampo anti ketombe dan hentikan penggunaan dengan menggunakan sampo jenis lain setelah ketombe menghilang.

Begitu pula dengan Anda yang mengalami kerontokan, jangan menggunakan sampo anti ketome karena justru akan semakin membuat kondisi kulit kepala menjadi kering dan rambut menjadi semakin mudah rontok.

Gunakan sampo khusus rambut rontok untuk mengatasi kerontokan rambut.

  1. Kurang nutrisi

Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan nutrisi penting bagi rambut, padahal rambut juga memerlukan nutrisi yang tepat layaknya organ tubuh lainnya.

Rambut yang mudah rontok biasanya menunjukkan adanya nutrisi yang kurang pada rambut, seperti protein, zat seng, maupun vitamin lainnya.

Konsumsilah makanan yang bergizi tinggi, seperti daging yang mengandung protein dan zat besi, telur yang mengandung kalsium dan zat besi, tahu yang mengandung kalsium dan fosfor, atau ikan yang mengandung protein dan asam amino esensial.

  1. Merokok

Asap rokok adalah penyebab rambut rontok yang utama tapi paling sering diacuhkan orang-orang.

Kebiasaan merokok memang tidak mempunyai manfaat sama sekali. Bukan hanya merusak organ tubuh penting seperti paru-paru dan jantung, tapi juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

Menurut seorang dermatologist dari Sri Balaji Action Medical Institute, Dr.Nipun Jain, merokok dapat menyebabkan asupan nutrisi pada kulit menjadi tidak tercukupi, termasuk kulit kepala sehingga kulit akan menjadi terlihat lebih tua.

Para ahli juga berpendapat bahwa merokok dapat menyebabkan seseorang akan terlihat 1,4 tahun lebih tua dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Ketika Anda merokok 1 batang saja, maka Anda akan kehilangan 35 mg vitamin C dalam tubuh Anda yang akan menyebabkan kerontokan pada rambut.

Begitu pula zat nikotin dalam rambut yang membuat regenerasi kulit kepala menjadi terhambat sehingga membuat rambut menjadi rontok.

  1. Overstyling

Beberapa orang sangat senang merubah tampilan rambut mereka berkali-kali, namun ternyata kebiasaan ini tidak baik untuk rambut.

Dikutip dari cnnindonesia, kebiasaan mengepang rambut, membuat ponytail, atau penggunaan hot tools yang panas dan bahan kimia seperti gel rambut yang terlalu sering akan membuat akar rambut menjadi stres

Akobatnya adalah rambut mudah patah dan mudah rontok.

Itulah beberapa penyebab utama kerontokan pada rambut yang harus Anda hindari sebisa mungkin. Berikan perawatan yang tepat pada rambut setiap hari agar rambut tetap sehat dan kuat.

Demikianlah artikel yang singkat apa saja penyebab rambut rontok pada pria dan wanita, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage