Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / Jenis-Jenis Pomade, Manfaat dan Efek Sampingnya Bagi Rambut

Jenis-Jenis Pomade, Manfaat dan Efek Sampingnya Bagi Rambut

/
/
275 Views

Bahaya menggunakan pomade

Pomade merupakan salah satu produk untuk menata rambut dengan bentuk hampir serupa seperti wax.

Pomade sudah mulai terkenal dan banyak digunakan sejak tahun 1990-an yang terbuat dari minyak kelapa, lanolin, wax dan juga beberapa jenis wewangian untuk menambah keharuman.

Pomade merupakan kombinasi antara wax dengan minyak. Akan tetapi dengan semakin berkembangnya zaman, ada berbagai jenis pomade yang diproduksi agar bisa disesuaikan dengan jenis dan juga kebutuhan rambut para konsumen.

Pomade yang berbahan dasar minyak ini sangat cocok digunakan untuk seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan karena tahan terhadap cuaca dan lebih tahan lama bahkan tahan terhadap keringat.

Pomade banyak digunakan kaum pria agar penampilan rambut mereka terlihat lebih stylish.

Ada begitu banyak kegunaan pomade untuk rambut khususnya mendukung model dari rambut para pria.

Namun dibalik itu, sebenarnya ada juga beberapa masalah rambut dan kulit kepala yang bisa terjadi ketika salah dalam penggunaan pomade tersebut.

Jenis Pomade

Pomade yang beredar saat ini juga terdiri dari beberapa jenis dari mulai yang berbahan dasar air, berbahan dasar campuran, yaitu:

  1. Water Based Pomade

Water based pomade atau pomade berbahan dasar air sangat cocok untuk rambut sleeky panjang dan bergelombang.

Menggunakan pomade jenis ini akan membuat rambut terlihat lebih lembut natural. Karena berbahan dasar air, maka pomade jenis ini lebih mudah dibersihkan yakni hanya dengan satu kali keramas saja.

  1. Mixed Based Pomade

Mixed based pomade atau pomade berbahan dasar campuran bisa digunakan bagi anda yang ingin mempertahankan gaya rambut lebih lama sekaligus mudah dibersihkan.

Pomade ini terbuat dari kombinasi air dan juga minyak sehingga bisa memberikan efek rambut yang terlihat berkilau namun tidak terlihat terlalu mencolok.

  1. Oil Based Pomade

Oil based pomade atau pomade berbasis minyak dilihat dari harga lebih terjangkau dibandingkan pomade berbasis air.

Hasil tampilan dari jenis pomade ini akan lebih pucat dan lebih berkilau dibandingkan pomade berbasis air sekaligus lebih awet.

Namun kekurangannya, pomade jenis ini sulit larut dengan air sehingga harus dibersihkan berkali kali dengan shampo ketika keramas. Selain itu, shampo khusus untuk mengatasi rambut berminyak.

  1. Matte Pomade dan Sheen Pomade

Kedua jenis pomade ini berguna untuk menambah kilau pada rambut. Untuk jenis matte pomade tidak terlalu berkilau dan cocok digunakan untuk jenis rambut berminyak.

Sedangkan untuk sheen pomade akan terlihat lebih berkilau ketika digunakan yang cocok dipakai untuk jenis rambut kering.

Selain itu, anda bisa mencampur matte pomade dengan sheen pomade untuk menghasilkan keseimbangan kilau untuk penampilan rambut yang sempurna.

  1. Based Wax Pomade

Based wax pomade atau pomade berbasis lilin paling tepat digunakan bagi anda yang ing memiliki tampilan rambut lebih licin yang juga mengandung lemak ekstra yang bisa mengering sesudah beberapa jam.

Pomade jenis ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis rambut termasuk model spike.

Sedangkan untuk penggunaan hanya perlu mengoleskan pomade pad tangan kemudian gosok sebentar agar hangat dan pastikan rambut sudah kering betul sebelum mengaplikasikan pomade jenis ini.

Manfaat Pomade Untuk Rambut

Pomade tidak hanya banyak digunakan pria luar negeri, namun penggunaannya juga mulai populer bagi para pria Indonesia karena banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan pomade ini.

Berikut ini beberapa manfaat pomade:

  1. Membuat Rambut Licin dan Berminyak

Menggunakan pomade pada rambut akan membuat pria terlihat lebih rapi khususnya dalam acara acara penting atau resmi yang menuntut kerapihan tampilan seorang pria.

Dengan memakai pomade ini, maka rambut seorang pria akan terlihat basah secara alami untuk memberikan tampilan yang segar.

  1. Mempertahankan Model Rambut

Menggunakan pomade juga bisa mempertahankan bentuk dan posisi rambut yang bahkan tidak akan merubah bentuk rambut pria ketia memakai helm. Selain itu, pomade juga wet hingga mencapai 3 hari apabila tidak dibilas.

  1. Mempermudah Membuat Gaya Rambut

Menggunakan pomade juga sangat membantu ketika anda ingin membuat gaya rambut baru sesuai dengan keinginan anda meski jenis rambut anda lembut dan terbilang susah diatur.

Efek Samping dan Bahaya Menggunakan Pomade Untuk Rambut

Jenis pomade dan manfaatnya
Jenis pomade dan manfaatnya

Meski ada cukup banyak kegunaan pomade bagi rambut agar lebih muda di set dan di tata, namun tetap saja ada bahaya atau efek samping dari penggunaan pomade terlalu berlebihan, yaitu:

  1. Perubahan Warna Rambut

Menggunakan pomade terlalu berlebihan khususnya setiap hari, nantinya akan membuat warna hitam alami pada rambut semakin lama semakin berubah sehingga rambut terlihat merah dan teksturnya bertambah kering.

  1. Menyebabkan Kerontokan Rambut

Pomade yang digunakan setiap hari juga memberikan efek buruk yang kuat bahkan melebihi efek yang ditimbulkan dari gel rambut biasa yakni menyebabkan kerontokan rambut.

Selain itu, kebisaan menyisir rambut terus menerus sesudah menggunakan pomade juga menyebabkan kerontokan rambut bertambah parah.

  1. Penyebab Rambut Berminyak

Memakai pomade setiap hari, maka memungkinkan kulit kepala bereaksi dengan cara memproduksi minyak alami rambut lebih banyak untuk melawan bahan kimia yang terdapat dalam pomade sebagai pelindung kulit kepala.

Hal ini nantinya akan membuat kulit kepala dan rambut anda terlihat semakin berminyak, kesulitan bernapas dan juga bekerja tanpa henti untuk menghasilkan lebih banyak minyak.

  1. Menimbulkan Ketombe

Pemakaian pomade terlalu berlebihan bisa menyebabkan rambut jadi berketombe sebab minyak yang ada dalam pomade bisa mengakibatkan minyak alami tidak dapat keluar dari pori pori kulit kepala. N

antinya minyak tersebut akan menggumpal dan merusak kulit kepala sehingga terlihat seperti pecah pecah.

Ketombe juga bisa terjadi ketika saat mengaplikasikan pomade kurang merata atau tangan dan rambut anda dalam keadaan basah ketika menggunakan pomade tersebut.

  1. Membuat Rambut Lengket

Jenis pomade berbasis minyak dan juga keras yang terlalu sering digunakan nantinya bisa membuat rambut lengket dan juga susah untuk diberikan karena tingginya kandungan minyak dalam jenis pomade ini.

Untuk membersihkan rambut, maka anda perlu membilas rambut sebanyak beberapa kali untuk menghilangkan keseluruhan sisa pomade dari rambut anda.

  1. Menyumbat Folikel Rambut

Menggunakan produk berat berbasis minyak pada rambut setiap hari termasuk pomade memang bisa memberikan efek buruk untuk folikel rambut jika digunakan terlalu banyak dan sering serta tidak membersihkan rambut dengan baik sesudah memakai pomade.

Berbagai zat yang digunakan dalam pomade seperti minyak, petrollem dan juga wax bisa menutup batang rambut sehingga meningkatkan risiko folikel rambut tersumbat.

Folikel rambut yang bekerja terlalu keras ini memang tidak akan rusak sepenuhnya namun pada akhirnya bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Asalkan digunakan dengan benar dan tidak berlebihan, sebenarnya pomade cukup aman digunakan dan tidak akan merusak rambut.

Pastikan juga anda membersihkan pomade sampai tuntas sebelum tidur karena bisa merusak kondisi rambut sekaligus mengotori bantal dan tempat tidur anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage