Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / 12 Cara Mewarnai Rambut Secara Tradisional Menggunakan Pewarna Alami

12 Cara Mewarnai Rambut Secara Tradisional Menggunakan Pewarna Alami

/
/
316 Views

Pewarna rambut alami

Ada beberapa cara mewarnai rambut, salah satunya yang sangat direkomendasikan adalah menggunakan metode tradisional.

Pewarna yang digunakan berasal dari bahan-bahan alami seperti teh, kopi, kayu manis dan lain-lain yang sangat murah dan tentu saja aman bagi rambut.

Betul di zaman modern seperti sekarang ini, tidak hanya model rambut yang memiliki banyak variasi, namun banyak orang yang juga mewarnai rambut mereka dengan berbagai warna mulai dari coklat, pirang, merah, hitam bahkan warna warna terang lain seperti biru, kuning, hijau dan warna lain.

Hampir seluruh wanita di seluruh dunia pernah mewarnai rambutnya setidaknya sekali selama mereka hidup. Bukan hanya wanita, mewarnai rambut juga banyak dilakukan para pria.

Namun yang menjadi masalah, cat rambut yang beredar sekarang ini mengandung lebih dari 5 ribu bahan kimia berbahaya, bahkan beberapa diantaranya bersifat karsinogenik ketika diuji coba pada hewan.

Jika anda ingin mewarnai rambut anda, sebaiknya anda mencoba beberapa bahan alami yang jauh lebih aman dan sama efektifnya dengan pewarna rambut kimia seperti beberapa cara mewarnai rambut dengan metode tradisional dari kami berikut ini.

  1. Kopi

Tidak hanya nikmat diminum, namun kopi juga bisa digunakan untuk mengecat rambut agar warnanya lebih gelap sekaligus menutup uban anda.

Untuk pilihan kopi terbaik yang bisa anda gunakan adalah espresso karena merupakan jenis kopi sangat kuat yang bisa memberikan tampilan rambut lebih hitam.

  • Seduh kopi espresso secukupnya dan biarkan hingga dingin.
  • Campur kopi tersebut dengan kondisioner dan 2 sendok makan bubuk kopi espresso kembali lalu aduk hingga rata.
  • Aplikasikan campuran ini pada rambut dan diamkan selama 1 jam.
  • Bilas sampai bersih kemudian gunakan juga cuka sari apel untuk mempertahankan warna rambut anda dan bilas kembali dengan air bersih.
  • Karena cara ini menggunakan bahan alami, anda perlu melakukannya beberapa kali agar hasilnya bisa memuaskan.
  1. Teh Hitam

Seperti kopi, teh hitam juga bisa digunakan untuk mewarnai rambut secara tradisional sehingga rambut anda terlihat lebih gelap dan uban bisa tertutup dengan sempurna.

Selain teh hitam, anda juga bisa menggunakan teh chamomile jika rambut anda berwarna agak merah dan juga teh rooibos. Semakin lama anda menggunakan teh pada rambut, maka hasilnya akan semakin baik.

  • Seduh 2 cangkir air dengan 5 teh celup dan biarkan hingga dingin.
  • Aplikasikan air teh ini pada rambut dan diamkan hingga kering sekitar 1 jam atau lebih lama jika ingin hasil yang lebih gelap.
  • Anda bahkan bisa menggunakan air teh ini saat malam sebelum tidur lalu tutup dengan shower cap dan bilas keesokan paginya.
  1. Jus Wortel dan Bit

Jus dari wortel dan juga bit juga bisa anda gunakan untuk mewarnai rambut anda sehingga terlihat merah alami.

Anda bisa menggunakan jus wortel atau bit saja dan juga bisa dicampur menjadi satu. Untuk warna yang lebih merah, maka perbanyak jus bit untuk digunakan sebab wortel akan menghasilkan warna yang lebih lembut.

  • Buat jus dari campuran wortel dan bit sebanyak 1 cangkir.
  • Campurkan dengan minyak kelapa kemudian aplikasikan pada rambut anda.
  • Bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam.
  • Bilas sampai bersih kemudian lanjutkan dengan menyemprotkan cuka apel pada rambut dan bilas kembali dengan air sampai bersih.
  1. Jus Lemon

Untuk anda yang ingin memiliki tampilan rambut lebih pirang, jus lemon ini bisa anda gunakan. Untuk memberikan warna pirang pada rambut, anda bisa mengaplikasikan jus lemon ini sebanyak beberapa kali untuk hasil terbaik.

  • Peras sari dari buah lemon sesuai dengan panjang pendeknya rambut anda.
  • Semprotkan cairan tersebut pada rambut anda dan biarkan selama beberapa jam.
  • Untuk hasil lebih maksimal, anda bisa mencampur jus lemon dengan teh chamomile dan diaplikasikan pada rambut.
  • Selain itu, anda bisa berjemur di bawah matahari agar rambut anda bisa terlihat semakin pirang.
  1. Kulit Kenari

Jika anda ingin mewarnai rambut menjadi coklat gelap, maka anda bisa menggunakan kulit kenari sebagai cara tradisional untuk mewarnai rambut.

Untuk hasil warna yang lebih intens, maka anda bisa merebus kulit ini hingga mendidih kemudian diamkan hingga dingin dan saring lalu simpan dalam lemari es.

  • Haluskan kulit kenari secukupnya dengan air selama setengah jam.
  • Biarkan hingga dingin kemudian saring dan aplikasikan pada rambut yang sudah dibersihkan.
  • Sedangkan jika ingin digunakan untuk menutup uban, maka anda bisa gunakan kapas untuk menerapkan air kulit kenari pada rambut yang beruban.
  • Diamkan hingga beberapa jam tergantung dari seberapa pekat warna yang anda inginkan dan cuci dengan air hangat agar warnanya lebih awet.
  1. Sage, Jelatang dan Rosemary

Kombinasi ketiga bahan alami ini juga sangat baik digunakan untuk menghitamkan rambut anda dan sangat aman tanpa menimbulkan efek samping.

Anda hanya perlu merebus ketiga bahan ini dengan air selama 30 menit kemudian saring dan dinginkan. Semprot pada rambut dan biarkan mengering dibawah sinar matahari dan bilas dengan air biasa tanpa shampo.

  1. Kayu Manis dan Cengkeh

Untuk mendapatkan warna coklat muda alami, anda bisa menggunakan kombinasi kayu manis dan cengkeh untuk mewarnai rambut tanpa butuh ditambahkan bleaching karena hasilnya sudah sangat terlihat.

  • Campur 1/2 cangkir bubuk cengkeh dengan 1/2 cangkir kayu manis bubuk dan tambahkan sedikit air hingga menjadi adonan seperti pasta.
  • Aplikasikan pasta tersebut pada rambut yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan. Bungkus dengan shower cap dan diamkan selama 2 jam lalu bilas dengan air sampai bersih.
  • Agar hasilnya lebih maksimal, anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 3 kali seminggu.
  1. Kunyit

Selain menggunakan teh chamomile, kunyit juga bisa digunakan untuk mewarnai rambut sehingga tampilannya terlihat lebih pirang atau coklat muda tergantung dari kehitaman warna rambut asli anda.

  • Parut kunyit segar sebanyak 1/4 cangkir atau sesuai panjang rambut dan tambahkan dengan air sampai rata kemudian saring dan masukkan dalam botol semprot.
  • Keramas rambut lebih dulu lalu keringkan dan semprot air kunyit tersebut secara merata lalu pijat lembut agar warna dari kunyit bisa meresap sempuran ke seluruh rambut.
  • Diamkan selama beberapa jam dan lakukan 2 kali sehari agar rambut anda terlihat lebih pirang.
  1. Bunga Sepatu

Bunga sepatu bisa anda gunakan untuk mendapatkan warna rambut lebih hitam yang bisa menutup uban anda secara sempurna tanpa perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal dan tidak merusak rambut.

  • Ambil kelopak bunga sepatu dari beberapa bunga lalu campur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Panaskan campuran tersebut hingga kelopak kembang sepatu berubah warna.
  • Diamkan hingga dingin dan aplikasikan minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut setiap pagi dan diamkan selama 1 jam lalu bilas bersih dengan shampo.

Anda juga bisa mencampur bunga sepatu dengan mawar untuk membuat pewarna rambut alami. Kedua bahan tersebut menghasilkan warna merah gelap.

Caranya adalah tumbuklah segenggam kelopak bunga sepatu dan kelopak mawar sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air. Ratakan pada rambut Anda. Proses selanjutnya adalah penutupan, pengistirahatan, dan pembilasan.

  1. Pandan dan Mengkudu

Ingin mendapatkan warna rambut hijau, anda juga bisa lakukan dengan cara tradisional memakai campuran pandan dan mengkudu.

Kandungan dalam daun pandan dan juga mengkudu sangat efektif untuk memberikan warna hijau pada rambut anda dengan aman dan murah.

  • Siapkan beberapa lembar daun pandan lalu potong kecil kecil.
  • Rebus daun pandan tersebut hingga mendidih dan air berubah warna menjadi agak kehijauan.
  • Saring dan biarkan selama 1 malam lalu campur esok paginya dengan jus mengkudu.
  • Aplikasikan campuran ini pada rambut hingga rata dan lakukan 3 kali seminggu untuk hasil memuaskan.
  1. Buah Bit dan Paprika

Merah terang merupakan warna rambut diinginkan beberapa orang. Warna tersebut akan Anda dapatkan dari campuran bahan buah bit dan paprika.

Caranya siapkan bubuk bit dan paprika sebanyak satu cangkir. Campurkan keduanya dengan sedikit air sampai menjadi cairan merah kental.

Tuangkan sedikit demi sedikit pada rambut sampai merata ke seluruh bagian. Langkah selanjutnya yaitu penutupan, pengistirahatan, dan pembilasan.

  1. Kacang Walnut dan Urang-Aring

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan kembali warna hitam legam pada rambut, gunakanlah kacang walnut dan urang aring pada rambut Anda. Keduanya tidak perlu dicampurkan seperti pada bahan-bahan sebelumnya.

Jika Anda ingin menghitamkan rambut dengan kacang walnut, seduhlah bubuk walnut hitam sebanyak 3 cangkir dengan air panas.

Diamkan semalam sehingga menjadi cairan berwarna hitam pekat. Oleskan pada rambut secara merata. Lanjutkan dengan penutupan, pengistirahatan, dan pembilasan.

Jika Anda ingin menghitamkan rambut dengan urang-aring, caranya cukup mudah. Tumbuk segenggam daun urang-aring sampai menjadi cairan yang hitam pekat.

Cucilah rambut Anda sampai bersih. Setelah rambut kering, oleslah dengan cairan tersebut.

Selain menggunakan bahan-bahan pewarna rambut yang alami, gunakan juga bahan alami untuk merawat rambut yang telah diwarnai.

Misalnya, minyak zaitun, minyak kelapa, dan almond oil. Ketiga bahan tersebut dapat menjadi penyelamat rambut dari berbagai zat berbahaya saat mewarnai rambut.

Minyak zaitun berkhasiat untuk melembabkan rambut, mengembalikan kilaunya, serta menjaga kekuatan rambut. Minyak kelapa juga berkhasiat melembapkan rambut.

Selain itu, minyak kelapa juga membuat rambut kuat dan elastis. Almond oil memiliki khasiat menjaga kilau alami rambut, melembapkan kulit kepala, dan berbagai vitamin untuk menguatkan rambut.

Demikian 12 resep tradisional untuk mewarnai rambut secara alami tanpa takut rambut jadi rusak akibat bahan kimia. Pastikan anda melakukan pewarnaan rambut memakai bahan alami selama beberapa kali agar hasilnya memuaskan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage