Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / 12 Cara Mengatasi Rambut Frizzy

12 Cara Mengatasi Rambut Frizzy

/
/
323 Views

Memiliki rambut frizzy tentu menyebalkan, karena anda harus memiliki lebih banyak waktu untuk mengurusnya. Lantas bagaimana cara mengatasi rambut frizzy, di artikel rambutalami.com kali ini kita akan membahasnya secara mendetail.

Jika Anda memiliki rambut yang kaku dan sangat sulit diatur anda mungkin saja mengalami masalah rambut frizzy.

Gejala rambut frizzy adalah rambut sulit diatur, kaku, mengembang di siang hari padahal di pagi harinya rambut masih tertata rapi dan halus

Tentunya akan sangat menyebalkan memiliki jenis rambut frizzy seperti ini karena sangat menganggu penampilan.

Rambut frizzy dapat terjadi akibat tingkat kelembaban rambut berkurang. Di saat kelembaban alami rambut berkurang, kultikula rambut mulai terbuka dan kemudian menyerap udara yang ada di sekitarnya.

Hal ini yang kemudian menyebabkan rambut menjadi mengembang dan tampak berantakan dibandingkan sebelumnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa rambut menjadi frizzy dan sulit diatur. Salah satunya karena tingkat kelembaban rambut berkurang dan membuat bentuk rambut seolah “memuai”.

Rambut frizzy juga bisa dikarenakan suhu udara yang kering atau dingin dan membuat rambut menjadi statis.

Jika anda salah satu wanita yang mengalami masalah rambut ini, tak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut frizzy seperti di bawah ini.

  1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Rutin keramas memang penting agar mencegah rambut kotor dan berminyak yang membuat penampilan tidak menarik.

Namun jika terlalu sering keramas malah akan menyebabkan rambut menjadi frizzy. Jika anda sering keramas, maka minyak alami pada rambut yang mencegah rambut mengembang akan berkurang.

Jika memang rambut anda terasa lepek, anda bisa mencoba menaburkan bedak bayi di kulit kepala. Sehingga anda tak perlu untuk selalu keramas setiap ahri yang dapat menyebabkan rambut kering.

  1. Pilih Shampo Yang Tepat

Untuk mengatasi rambut frizzy yang mengembang dan sulit diatur bisa anda coba dengan memilih shampoo yang tepat.

Bagi anda yang memiliki rambut frizzy, akan lebih baik untuk memilih shampoo dengan kandungan sulfarte-free serta banyak mengandung glycerin.

Selain dapat menyerap hingga ke dalam rambut dan melembapkan rambut secara maksimal, glycerin juga dapat melindungi hingg ke luar helai rambut sehingga dapat mencegah kerusakan rambut.

Selain itu hindari menggunakan air panas untuk membilas rambut, akan lebih baik jika anda menggunakan air dingin.

Menggunakan air panas akan membuat kelembaban rambut terkikis dan membuat rambut kering. Selain itu lakukan pijatan pada kulit kepala

  1. Gunakan Conditioner Setelah Keramas

Biasakan menggunakan kondisioner untuk mengatasi rambit frizzy anda. Gunakanlah conditioner dan diamkan selama 5 menit.

Setelah itu baru bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Rambut yang mengembang karena kering dapat lembab kembali karena rutin penggunaan conditioner.

Ada banyak pilihan produk conditioner yang bisa anda gunakan untuk menjaga kelembaban rambut yang ada di pasaran.

  1. Gunakan Conditioner Saja Untuk Keramas 2 Kali Seminggu

Cobalah sesekali menggunakan conditioner untuk mencuci rambut. Tak perlu sering, lakukan cara ini 2 kali seminggu.

Conditioner mengandung formula yang kaya akan pembersih yang dapat anda manfaat untuk mencuci rambut. Selain itu penggunaan conditioner juga tidak akan menguras minyak alami rambut seperti saat menggunakan shampoo.

  1. Gunakan Pengering Rambut

Meskipun terdengar aneh namun mengeringkan rambut dengan hair dryer akan lebih tepat untuk mengatasi rambut frizzy.

Justru saat anda mengeringkan rmabut dengan alami membuat kelembaban dapat meresap ke batang rambut. Berbeda dengan blow dry yang menutup serta melembutkan kutikel rambut.

Namun tentu saja anda perlu menggunakan heat protection spray untuk mencegah kerusakan rambut akibat terlau sering menggunakan hair dryer.

Mengatasi rambut frizzy
Mengatasi rambut frizzy
  1. Sisir Rambut Secara Teratur

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut yang kering dan mengembang dengan cara menyisir rambut secara rutin.

Namun ingat, jangan terlalu sering menyisir rambut anda karena dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

Sisir rambut di saat yang tepat semisal setelah bangun tidur di pagi hari agar memperlancar peredaran darah dan membantu penyebaran minyak alami dari kulit kepala menuju batang rambut yang membuat rambut tetap terjaga kelembabannya.

  1. Gunakan Produk Non Alkohol

Kebanyakan produk-produk rambut seperti mousses dan hairspray memiliki kandungan alkohol yang dapat menyebabkan bagian luar rambut menjadi mengembang dan rambut menjadi frizzy.

Untuk mengatasi rambut frizzy, cobalah mengganti produk-produk rambut anda dengan produk yang tidak memiliki kandungan alkohol di dalamnya

  1. Perawatan Berbasis Minyak

Anda bisa mencoba perawatan berbasis minyak untuk menjaga agar rambut tidak frizzy dan sulit diatur.

Hair oil dibutuhkan karena kemampuannya yang dapat membuat hasil rambut yang tampak ringan.

Selain mencegah rambut frizzy dan mengembang, hair oil juga dapat memberikan penetrasi hingga ke dalam folikel rambut sehingga membuat tektur rambut lembut dan terhidrasi.

Anda bisa menggunakannya sebeum pemakaian shampoo, untuk rambut lembab aplikasikan setelah keramas dan untuk rambut kering aplikasikan sebagai produk untuk menata rambut.

  1. Perawatan Sebelum Tidur

Tips paling ampuh mengatasi rambut frizzy adalah dengan melakukan perawatan rambut sebelum tidur.

Anda bisa membungkus rambut dengan kain berbahan sutra saat tidur. Cara ini sangat direkomendasikan oleh Marilyn Monroe dan Bette Davis.

Ritual kecantikan ini akan membuat batang rambut menjadi lebih ikal dan tampak mengkilat. Selain itu cara ini juga dapat mencegah gesekan serta efek statis yang menjadi penyebab frizzy hair.

Jika anda tidak memiliki waktu, anda bisa mencoba mengganti sarung bantal dengan kan berbahan sutra.

  1. Hindari Menyentuh Rambut Terlalu Sering

Saat rambut anda terurai, seringkali wanita menyentuh dan merapikan rambut dengan tangan agar tampak lebih indah.

Namun nyatanya cara ini dapat merusak pol alami rambut dan malah membuat rambut menjadi lebih mengembang. Untuk itu hindari menyentuh rambut terlalu sering agar mencegah rambut menjadi frizzy.

  1. Potong rambut Secara Rutin

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut frizzy  adalah dengan memotong rambut secara rutin.

Sebaiknya potong rambut anda secara rutin setiap 6-8 minggu sekali. Jangan lupa untuk rutin menggunakan minyak agar kelembaban rambut tetap terjaga dengan baik.

  1. Gunakan Masker Secara Rutin

Rambut juga membutuhkan treatment yang istimewa sama halnya dengan wajah. penggunaan masker rambut ini dapat merevitilisasi serta mengembalikan kelembapan rambut.

Anda bisa membeli produk hair mask ini di pasaran maupun meraciknya dari bahan-bahan alami. Ada banyak bahan alami yang dapat anda gunakan, mulai dari madu, susu, minyak zaitun, santan, dan lainnya.

Gunakan hair mask secara rutin agar rambut frizzy anda dapat segera teratasi.

Nah itu tadi cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut frizzy yang bisa anda coba. Yang terpenting untuk mencegah rambut frizzy adalah kelembapan rambut harus tetap terjaga sehingga rmabut tidak kering dan mudah diatur.

Lakukan perawatan-perawatan rambut secara rutin agar menjaga rambut tetap sehat dan terawat dengan baik. Semoga infromasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage