Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / Cara Alami Mengatasi Rambut Uban di Usia Muda

Cara Alami Mengatasi Rambut Uban di Usia Muda

/
/
295 Views

Saat usia sudah tidak muda lagi banyak hormon yang sedikit demi sedikit menyusut dan memperlambat regenerasi sel. Umumnya proses penuaan pada pria dimulai pada awal umur 40-an tahun dan pertengahan usia 30-an pada wanita.

Masalahnya adalah tidak sedikit anak muda yang masih berusia 20-an dan bahkan remaja yang juga memiliki rambut putih. Di artikel rambutalami.com kali ini kita akan membahas beberapa cara mengatasi rambut uban secara alami menggunakan ramuan tradisional.

Saat ini ada banyak cara mengatasi rambut uban, yang paling sederhana adalah dengan mencabutnya setiap hari, dan cara yang paling umum adalah mengecat rambut supaya terlihat hitam lagi.

Obat untuk menghitamkan rambut bisa diperoleh dengan mudah, menyebabkan banyak orang justru melakukan cara-cara yang tidak benar dan instan yang kadang malah memperparah kondisi rambut.

Mencabut uban misalnya, di kulit kepala terdapat banyak sekali syaraf yang berhubungan dengan tubuh maka tentu saja mencabut uban secara sengaja akan mempengaruhi syaraf-syaraf tersebut.

Begitu pula dengan mengecat rambut atau semir untuk mengatasi rambut uban. Rambut bersifat unik artinya satu merek pengecat atau semir rambut akan menunjukkan efek yang berbeda pada orang yang berbeda.

Oleh karena itu, sebelum anda mengunakan cat rambut yang cocok untuk mengatasi uban di kepala anda, sebaiknya lakukan konsultasi kepada ahli perawatan rambut atau dokter kulit terpercaya.

Putu Oka, seorang ahli Akupuntur, mengatakan bahwa penyebab timbulnya uban di usia yang masih muda adalah kinerja paru-paru dan ginjal yang tidak optimal.

Mengatasi rambut uban secara alami
Mengatasi rambut uban secara alami

“Ada masalah pada ginjal dan paru-paru atau bisa juga ada faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan uban di kepala, misalnya penggunaan minyak rambut, cat rambut, polusi dan jenis makanan tertentu,” ujar Putu Oka sebagaimana dikutip rambutalami.com dari tabloid Senior.

Penggunaan minyak rambut tidak hanya mengenai rambut saja tapi juga akan meresap ke dalam pori-pori kepala. Zat-zat kimia yang terkandung di dalam minyak rambut kadang membuat rambut tidak sehat dan menyebabkan kusut, gatal dan paling parah muncul uban.

Putu Oka juga tidak menyarankan orang untuk mencabuti uban di kepala karena kulit kepala penuh dengan susunan syaraf.

Putu Oka menyarankan cara alami untuk mengatasi rambut uban yang tumbuh terlalu cepat di kepala, diantaranya dengan akupresur, pijatan ringan di kepala, makanan sehat, olahraga dan meditasi. Dari sisi makanan, dia menyarankan untuk mengkonsumsi sumber makanan yang berkhasiat menguatkan ginjal serta paru-paru.

Jika anda ingin menggunakan minyak rambut atau spray, gunakanlah jenis ramuan tradisional yang dapat menghitamkan rambut seperti daun bunga sepatu, kelapa hijau, biji pepaya dan biji kelapa, karena efeknya lebih jelas dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut ini beberapa cara alternatif mengatasi rambut uban di usia muda:

1. Pijatan Ringan Untuk Mengatasi Rambut Uban

Cara mengatasi rambut uban di usia muda
Cara mengatasi rambut uban yang terlalu cepat tumbuh. Foto: okefood.com

Uban yang muncul sebelum waktunya dapat dicegah dengan teknik pijat akupresur. Putu Oka menunjuk sejumlah titik dalam teknik akupresur yang dapat memperbaiki kinerja ginjal dan paru-paru. Kerja ginjal dan paru-paru yang optimal akan mencegah tumbuhnya uban sebelum waktunya.

Berikut ini sejumlah titik akupresur untuk mengatasi rambut uban:

  1. Titik ginjal 1 di telapak kaki bagian tengah
  2. Titik ginjal 3 di sebelah atas mata kaki
  3. Titik paru-paru 1 di dada
  4. Titik paru-paru 5 di lipat siku bagian dalam segaris dengan jempol
  5. Titik paru-paru 7 di pergelangan tangan
  6. Titik meridian kandung kemih 23
  7. Titik meridian kandung kemih 13 di puncak tulang belikat, 2 jari lebar kiri dan kanan

2. Jenis Makanan Untuk Mengatasi Rambut Beruban Terlalu Cepat

Makanan yang disarankan bagi mereka yang tidak ingin beruban ketika usia masih muda adalah jenis makanan yang berkhasiat menguatkan ginjal dan paru-paru contohnya adalah daun pegagan.

Makanan yang bergizi memang adalah salah satu cara menghambat pertumbuhan uban. Makanan yang umumnya bersifat sayuran bisa dikonsumsi secara tunggal atau sebagai campuran.

Berbagai jenis sumber pangan yang baik bagi kesehatan rambut adalah:

  • Jus wortel
  • Jus wortel dan bayam ditambah wijen
  • Jus melon dan aneka buah yang mengandung vitamin C
  • Daun Plantago (ki urat)
  • Daun Pegagan

Sebaliknya ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena tidak baik bagi ginjal dan paru-paru. Putu Oke mengistilahkan makanan tersebut bersifat “dingin”, yaitu:

  • Kacang hijau
  • taoge
  • Selada
  • Sawi-sawian
  • Sirsak
  • Duku
  • Lidah buaya
  • Santan
  • Berbagai makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula dan bahan kimia.

Tidak lupa Putu Oka menyarankan pemakaian sampo yang mengandung bahan alami dan tidak terlalu banyak mengandung soda untuk mengatasi uban.

Selama ini orang menganggap sampo yang baik adalah yang banyak busanya, padahal banyak busa berarti banyak soda dan justru tidak sehat untuk rambut dan dapat menyebabkan munculnya uban di kepala meskipun usia masih muda.

Demikian beberapa cara alami untuk mengatasi rambut uban di kepala, selamat mencoba.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

97 Comments

  1. Dimana saya bisa melakukan pijat akupresur?
    Saya sudah mengalami tumbuhnya uban sejak usia 18 tahun dan sampai sekarng umur saya 26 tahun uban belum juga hilang.

  2. saya belum umur 30 th, masih 24 th uban makin banyak. awalnya hanya satu dua tapi setelah beberapa bulan malah makin banyak. jadi minder plus stress jadinya

    • Saya umur 18 thn tumbuh uban bagai mana cara menghilangkan nya. Saya baru sadar skrang klo saya udh tmbuh uban…?

    • Bunuh diri aja,mas ???
      Atau botakin aja …
      Keren lohh …
      Orang botak itu bisa bawa lampu kemana-kemana ???
      Coba aja
      Trust me it works

  3. Q mulai kelas 3 sma udah mulai muncul uban dan skarang umur saya 22 mlah bertambah banyak, gimana cara ngilangin uban trsbut, kecuali semir

    • munculnya uban waktu sya umur 17thn awalnya sih satu dua terus saya cabutin lama kelamaan nambah banyak hingga umur sya19thn.

  4. usia saya 34 tapi saya kok gak ada ubannya ya oh ya saya kasih tips nya yang pertama jangan dengki dan iri karena penyakit itu yang memyebabkan anda stres trus jangan banyak beban pikiran lepaskan saja semua masalahmu anggaplah semua masalahmu sepele dan tips yang terakhir jangan makan makanan yang mengandung kimia, makanlah yang alami dari alam.

  5. Umur saya sekarang 15 th. rambut saya banyak muncul ubanya sejak kelas 1 smp sampe sekarang. Dulu hanya satu dua saja. makin lama makin tambah bnyak. Gimana cara ngatasinya om ?

  6. Selamat pagi saya gladi dari jakarta mau nanya perihal rambut beruban .saya punya tipikal rambut yang kering sejaknumur 16 th.sudah muncul uban semakin saya dewasa jga smakin bnyaknubannyg muncul saya suka makan2an yg dilarang spt di atas tapi saya jga sering memakai minyak rmbut orang aring tapi hasilnya sama aja gimana ya solusinya

  7. Umur saya baru 10thn tapi saya udah berbuban pantas saja teman2 saya bilang saya seperti nenek karena saya beruban semogs tips ini bisa membantu saya

  8. Umur saya 20 tahun uban saya pun banyak dan sering saya cabut,, kata mencabut uban bisa makin banyak ? Benarkah demikian ??

  9. Saya umur 18 thn tumbuh uban bagai mana cara menghilangkan nya. Saya baru sadar skrang klo saya udh tmbuh uban…?

  10. Ada kalimat: “Sebaliknya ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena tidak baik bagi ginjal dan paru-paru. Putu Oke mengistilahkan makanan tersebut bersifat dingin”
    Ini kan lagi bahas soal uban, kok sampe makanan yg harus dihindari karena gak baik bagi ginjal dan paru-paru siih? Bukannya seharusnya “makanan yg harus dihindari karena gak baik untuk kesehatan rambut”?
    Kok gak nyambung gitu?

  11. menurut sy d coba dlu kawan
    semoga aja resep ini bsa menghilankan uban yg ada d kepala,sya jga ada uban blm usia 30thn,tdi y dkt ,sy cabutin mkin nabah,jdi kurang pd

  12. Saya sudah tumbuh uban sejak kelas 6 sd , sekarang saya kelas 1 smk, saya gak pede kalo ada uban dirambut saya karena pasti selalu membuat org melihat saya aneh,kira2 apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

  13. Nggak dijelaskan lebih rinci hubungan munculnya uban dengan gangguan organ paru-paru atau ginjal…? kalo usia muda udah ada uban biasanya faktor genetik. Coba tanya ortunya kapan mulai muncul uban..

  14. Ternyata sy baru nyadar udh ada ubanya di sisi belakang kira2 30 helai…padahal sy msh jomblo ..haduh..hehehe…justru krn uban,potongan rambut mau tak bikin mohawk,spike dll..

  15. saya berumur 12 tahun, dan di rambut saya sudah tumbuh uban, awalnya sih cuma 1-2 saja, kemudian di cabut oleh orang tua ku,tetapi lama kelamaan makim bertambah, sampai sekarang uban itu pun belum hilang-hilang,

  16. sya umur 18thun kpla saya sudah byk rambut putihny alias uban saya sress mikirin ini hidup serasa berat bgt pas di kelas suka di hina tmn. rsny hdup aq mndrita bgt. saya btuh obat dan solusi agar uban saya hilang. sumph saya gk tahan hidu penuh cacian…

  17. Umur saya 37 thn rambut saya sdh beruban sejak saya smp ,,sampe sekarang makin banyak padahal sdh banyak coba ramuan herbal dll, jd buat yg msh abg udah ubanan siapin diri aja buat kenalan dan jd tmn uban ampe tua 🙂

  18. Saya um. 15 thn ubannya udah bnyak eg gan.. kok bsa ya?saya udah mencoba berbagai cra ngilangin uban.. tapi tetep aja ubannya gk ilang..-_-

  19. Saya baru berumur 13 tahun tapi kenapa saya sudah beruban ,saya jadi malu kalo lagi ngobrol sama teman,gimana cara ngatasinnya?

  20. saya sdh mur 38, tp saya tdk ada uban sama sekali krn mulai usia 15 ak sdh di ajarin sma nenek tdk memakai sembarangan sampo, say cma memakai minnyak rambut kemirih dan dicampur biji pepaya kayu besi atau kayu ulin,,

  21. klo mw ngilangin uban gampang banget…….ada 2 opsi yang bener2 working ;

    1. Kepala dicukur botak sebotak-botaknya, hingga licin banget

    2. Rambut diwarnai dengan warna lain seperti merah, biru, kuning ataupun hijau

    😀

  22. Di jalanin aja bro, umur sy 17 th dan jg sdah banyak tumbuh uban, yah emang nggk pede sih klo keluar rumah tapi yah mau gimana lagi, sudah coba banyak cara buat ngilangin tapi ttap nggk bisa jadi terpaksa di biarin ajah, anggap aja uban ini titipan dari tuhan

  23. umur saya 13 thn tapi sudah mempunyai uban dari sejak kls 4 sd awalnya cuma 1 tapi saya cabutin ubannya tapi malah makin banyak .sekarang saya suka gak pd karna sering diledekin teman saya .

  24. Tolong dong gimana cara mengatasi uban.udah terlalau banyak uban nihh..malu kalo lgi maen,msh muda ko ubanan

  25. Saya usia 28 tahun
    Gemar makan sayuran
    Makan makanan yg alami
    Dan olahraga secara teratur

    Tetapi kenapa tetangga saya tumbuh uban
    Padahal usianya 20 tahun

    Dan padahal sy rajin olahraga
    Dan ginjal serta paru sy bagus

    Apa solusi untuk saya

  26. saya dari kelas 3 smp sekarang sma kls 3 makin banyak tp cuma bagian belakang yg beruban , saran saya jangan di cabut jangn di semir . mending kalo rambut udah panjang langsung aja potong rambut biar gak keliatan ubannya 🙂 . kalian tidak sendiri .

  27. Saya baru berumur 13 tahun dan saya sudah tumbuh uban dan satu demi satu tumbuh bagaimana cara menghilangkan nya apa harus di semir?

  28. uban di usia Dini/muda anda 95% terkena Ginjal maka Waspadalah
    Contoh: Perbanyak mnum air putih,Olaraga teratur,berhenti merokok!?

  29. Ha5… udah pada ubanan semua walau masih muda termasuk saya 35th uban nambah terus. Setahu saya banyak bahan kebutuhan yang mengandung kimia penyebabnya.

  30. kalian harus tahu bahwa uban di sana adalah sebagai cobaan bagi kita,jadi kita harus bersabar dan harus mengevaluasi diri atas apa yg pernah kita lakukan di dunia,karena munculnya uban bisa sebagai penebus dosa karena kita mungkin memang terlalu banyak berbuat dosa,dan juga jangan lupa kita harus bersyukur atas cobaan dari Allah SWT,karena di luar sana ada lebih banyak orang yang lebih parah dari kita (yg beruban),karena Allah tidak akan menimpakan kesusahan di atas kemampuan kita dan juga dengan munculnya uban harus bisa mendekatkan diri dengan sang pencipta karena saya tahu bahwa dengan munculnya uban kita akan menjadi malu,malu untuk berinteraksi dengan orang khususnya kaum hawa,malu bila akan berwudhu saat tempat wudhu itu terbuka(antri dengan wanita dan laki laki),dan juga dengan munculnya uban waktu akan terasa lebih lama,karena kita terfokus pada orang lain yg berada sekitar kita bila ada yg memperhatikan kita. jadi lebih baik kita bertobat sekarang kepada Allah SWT dengan ikhlas,karena Allah tahu apa yg terbaik bagi kita dan apa yg tidak kita ketahui,dan jangan lupa dengan “Kun fayakuun”jika dia bilang jadilah,maka jadilah sesuatu itu.terima kasih. bacalah kisah nabi Ayyub As agar kita mengetahui makna sebenarnya tentang kesabaran saat ditimpa musibah

  31. Maksudnya itu rambut uban di sebabkan karena ada masalah dg ginjal dan paru-parunya.. Nah, untuk mengatasi ginjal dan paru-paru yg bermasalah tsb kita di larang maengkonsumsi makanan yg di sebut di atas tadi. Dan dg cara itulah rambut kita bisa sembuh dr uban usia dini karena penyebab utamanya (paru2,ginjal) telah di sembuhkan. Gittooo… Fahm?

  32. Tenang semuanya we united for uban di usia muda :’v seandainya kita semua bisa berjumpa kita buat komunitas uban usia dini

  33. Umur saya masih 9 tahun udah beruban smapai sekarang udah umur 16 tahun ubanya makin banyak gimana cara menghilangkan uban ini jasi gak pd saya

  34. kok smua org pda ubanan di usia muda termasuk saya hehe, saya ubanan dari kels 2 SMA sampai sekarng makin banyak tapi saya tetap pd aja harus gimna lagi itu takdir tuhan .

  35. Ya allah ternyata bukan saya aja yg ubannya diusia muda 🙁 , saya skarang usia 23 ubannya udah banyak sekali udah seperti tua dan membuat saya tidak pd mendekati wanita :'( . sampe sekarang jomblo . sedih bgt hidup gw :'( udah beberapa kali di cat di usia 15 taun ttep aja. Udah di botakin ttep aja. Bingung tiap hari pake topi kalo jalan :'(

    • Semangat broo ?!! Saya tidak mengada” tapi jujur kita sama, saya juga bro kemana” pake topi, bwat nutupin uban, udah jalani ajh, percayalah setiap kekurangan pasti ada kelebihan, dan yg namanya manusia gak ada yg sempurna,karna ksempurna.an hanyalah milik Allah swt , msalah jodoh itu udh ada yg ngatur sob?, jadi PD ajh bwat njalani hidup,,! Jgn dengarkan mereka yg mencaci maki kita..!!jwb ajh Gua kga minta makann dari Loe

    • Anak sy berusia 12 tahun sudah beruban ,,awalnya sy cabut,,tp setelah dicabut ia merasakan pusing,,akhirnya sy biarkan dan klo sudah mulai rambutnya panjang saya potong,,kadang saya yg merasa sedih ,,dan bertanya tanya kenapa y,,,ALhamdulillah saya mempunyai seorang anak yg selalu membuat hati saya bahagia,,,,nih katanya..sdhlah ma biarin kata orang..mudah2an itu jadi penghapus dosa kita,,

  36. wah wah saya lihat kok komennya bnyak yg masih muda, mungkin pendapat soal gangguan paru2 dan ginjal kok kurang nyambung ya min, kecuali adik2 diatas ada gangguan ginjal dan paru2 semuanya 😀

  37. aq juga ad uban dari smp kelas 1 hingga sekarang 18 thn, gua juga kenal seseorang yg banyak uban seumuran gue. dan ternyata gak cuman gua yg beruban, jadi agak lega hehehe.

  38. Sya juga gtu dri SMA udah ada uban mungkin trlalu bnyak mikir Msalah ortu gw dan kelangsungan hidup gw mkanya muncul tpi cuma 1 doank.

  39. Saya Baru umur 17 thun tpi Sudah Banyak uban nya, gmna Donk Cara Ngilanginya,, Saya Malu Deket Sama temen ataupun Sama cewe, tolong donk gimana

  40. dulu pas waktu SD pernah pake minyak rambut kebanyak dan di oleskan di rambut bagian depan, alhasil cuma rambut bagian depan yg beruban, dibotakin tetep masih ada ubannya, mohon solusi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage