Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / 6 Bahaya Menggunakan Hairspray

6 Bahaya Menggunakan Hairspray

/
/
452 Views

Hairspray memang memiliki banyak kegunaan bagi rambut wanita maupun pria, sayangnya di balik itu, ada bahaya menggunakan hairspray yang jarang diketahui orang.

Dimana bahaya atau efek samping penggunaan hairspray dapat menimbulkan masalah pada rambut dan kesehatan pada umumnya.

Pada sekitar tahun 80 hingga 90-an, penggunaan hairspray sudah sangat populer bagi wanita yang ingin memiliki tampilan rambut lebih besar dan mengembang, dan masih digunakan hingga sekarang untuk berbagai gaya rambut.

Namun, mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui jika produk penataan rambut ini ternyata juga memiliki bahaya tersembunyi dibaliknya.

Bahaya tersebut berasal dari kandungan zat dari produk hairspray yang digunakan. Salah pilih produk bisa menyebabkan masalah pada rambut.

Bahan Kimia Berbahaya Dalam Hairspray

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas bahaya menggunakan Wax pada rambut, di artikel rambutalami.com kali ini kita akan membahas beberapa bahaya menggunakan hairspray dan cara mengurangi efek sampingnya.

Manfaat menggunakan hairspray antara lain menjaga rambut yang baru di keriting, mencegah jepit rambut agar tidak tergelincir, sasak rambut dan berbagai manfaat lainnya.

Meski hairspray memiliki banyak manfaat khususnya untuk mempertahankan bentuk rambut, namun ada beberapa bahan kimia yang digunakan dalam hairspray dan cukup berbahaya seperti:

  • Polyvinylpyrrolidone: Ini merupakan bahan kimia yang juga biasa digunakan dalam pembuatan lem, kayu lapis atau plywood. Kegunaan bahan kimia tersebut dalam hairspray adalah untuk membuat rambut lengket dan saling melekat sehingga bisa tetap rapi meski tertiup angin.
  • Polymer calledpolydimethysiloxane: Bahan kimia ini digunakan dalam hairspray yang berguna agar rambut bisa terangkat dalam waktu lama seperti untuk membuat model rambut sasak.
  • Pytocalcious: Ini merupakan bahan kimia yang bisa meningkatkan jumlah mineral pada akar rambut sehingga tekstur rambut terlihat lebih kaku.

Bahan-bahan kimia tersebut di atas tidak baik bagi rambut dan tubuh.

Bahaya Menggunakan Hairspray

Bahaya menggunakan hairspray
Bahaya menggunakan hairspray

Agar lebih jelas, pelajari beberapa fakta di bawah ini, bahaya menggunakan hairspray:

  1. Menyebabkan Rambut Bercabang

Ketika anda tidak segera membersihkan rambut atau keramas sesudah menggunakan hairspray, maka rambut akan kering dan semakin rapuh.

Jika pemakaian hairspray dilakukan terlalu sering dna tidak segera dibersihkan, maka bisa menyebabkan ujung rambut menjadi bercabang.

  1. Membuat Rambut Kusam

Salah satu bahaya menggunakan hairspray adalah menjadikan rambut lebih kusam.

Hairspray bekerja dengan cara menghasilkan polimer yang nantinya akan melapisi setiap helai rambut.

Jika hairspray digunakan terlalu berlebihan, maka semakin lama bisa membuat rambut terlihat kusam dan tidak berkilau.

Untuk meghindari hal tersebut, anda bisa pilih hairspray yang mengandung vitamin E atau pathenol, natrium, silikon yang akan mempertahankan kelembaban pada rambut dan membuat rambut anda terlihat lebih bersinar.

  1. Menyebabkan Ketombe

Hairspray yang menumpuk pada rambut juga bisa menyebabkan masalah lain karena artinya anda juga harus secara berulang kali membersihkan rambut.

Hal ini bisa menyebabkan lapisan partikel seperti ketombe mengelupas di kulit kepala anda.

Untuk menghindari masalah ini, anda harus lebih sering membersihkan rambut atau mengganti merk hairspray dan pilih hairspray yang mengandung kondisioner.

  1. Melemahkann Kutikula

Saat menggunakan hairspray, hal lain yang sering dilakukan adalah menyikat rambut agar tampilannya terlihat lebih mengembang.

Namun menyikat rambut yang sudah dilapisi dengan hairspray tersebut sebenarnya bisa merusak rambut yakni melemahkan kutikula rambut dan akhirnya lebih rentan patah.

  1. Penyebab Serpihan Putih

Penggunaan hairspray berulang kali diantara waktu mencuci rambut nantinya bisa menghasilkan lapisan pertikel seperti ketombe yang terlihat mengelupas.

Meski serpihan tersebut bukan ketombe namun tetapi bisa jatuh dari kulit kepala ke bahu dan membuat penampilan anda seperti berketombe.

  1. Menyebabkan Rambut Kering dan Rapuh

Rambut kering dan rapuh umumnya adalah efek samping penggunaan hairspray yang terlalu sering dan tidak benar.

Sebenarnya, penggunaan hairspray yang dilakukan dengan benar tidak akan menyebabkan masalah seperti ini.

Namun jika tidak dibersihkan dengan baik, maka akhirnya rambut bisa semakin kering dan rapuh karena kehilangan kelembaban alaminya.

Jika terjadi terus menerus, maka pemakaian hairspray terlalu berlebihan bisa meningkatkan masalah rambut yakni bagian ujung yang bercabang.

Cara Memakai Hairspray yang Benar

Hairspray yang merupakan salah satu produk penataan rambut ini terbilang aman digunakan asal dilakukan dengan tepat.

Agar anda tidak salah ketika memakai produk penataan rambut ini, silahkan simak beberapa tahap demi tahao memakai hairspray yang benar untuk hasil maksimal.

  1. Kenali Jenis Hairspray

Hairspray yang banyak dijual saat ini terdiri dari dua jenis yakni light hold dan juga strong.

Untuk hairspray light hold bisa digunakan sehari hari karena tidak membuat tekstur rambut terlihat kaki dan lebih natural sekaligus bisa terurai dengan baik seperti tidak menggunakan hairspray.

Sementara untuk hairspray strng memiliki sifat yang lebih rapi seperti sasak atau sanggul serta berbagai gaya rambut lain dan lebih bersifat kaku.

  1. Rapikan Bentuk Rambut

Sebelum menggunakan hairspray, sebaiknya tata rambut anda lebih dulu sebab tidak lagi bisa ditata terlalu berlebihan ketika sudah menyemprotkan hairspray ke rambut.

Anda bisa menggunakan jepit rambut dan sisir sesuai model rambut yang anda inginkan kemudian gunakan hairspray untuk mengunci bentuk rambut yang sudah selesai anda tata tersebut.

  1. Gunakan Jarak yang Tepat

Ketika anda ingin menggunakan hairspray, maka beri jarak antara 12 sampai 15 cm dari rambut untuk menghindari terlalu banyak zat kimia dari hairspray yang menempel pada rambut anda.

Selain itu, semprotkan secara merata hairspray tersebut ke seluruh rambut agar hasilnya tidak terlalu kaki.

  1. Pakai Sisir Bristle

Untuk menghindari bahan kimia terlalu banyak dari hairspray, maka anda bisa menyemprotkan hairspray pada sisir bristle lalu gunakan untuk menyisir rambut dibandingkan dengan langsung menyemprotkan hairspray tersebut pada rambut.

Partikel dari hairspray nantinya akan mengunci kutikula rambut dan bentuk rambut anda akan terlihat semakin rapi

  1. Mengatasi Haisrpay Terlalu Kaku

Ketika sudah menyemprotkan hairspray ke rambut, maka kondisi rambut yang kaku tersebut akan lebih sulit untuk dibersihkan.

Anda bisa menaburkan bedak bayi pada rambut tersebut dan lepaskan segala jepit atau aksesoris rambut lainnya secara perlahan untuk mencegah rambut rontok.

Sesudah itu, tinggal basahi rambut dan keramas seperti biasa memakai shampo.

Tips Aman Memakai Hairspray

Hairspray pada dasarnya digunakan untuk membuat bentuk rambut lebih bertahan lama. Ketika anda memakai hairspray, maka ada beberapa tips yang harus anda lakukan agar tidak merusak rambut.

  • Hairspray berkualitas bagus tidak akan membuat rambut terasa lengket atau menyebabkan bintik putih. Jika hairspray yang anda gunakan mengakibatkan dua masalah tersebut, maka cobalah merk lain.
  • Sebelum memakai hairspray, kocok botol hairspray dengan baik untuk mencegah cairan menggumpal yang bisa menyebabkan rambut anda rusak saat digunakan.
  • Hindari menyemprotkan hiarspray di dekat kulit kepala dan rambut. Beri jarak sekitar 30 cm  dari rambut agar hasilnya bisa terlihat alami dan tidak terlalu kaku.
  • Untuk anda yang memiliki kulit kepala sensitif, hindari menggunakan hairspray yang mengandung alkohol karena bisa membuat rambut dan kulit kepala kering dan bisa menyebabkan ketombe.
  • Untuk mengurangi kandungan hairspray pada rambut, anda bisa menyemprotkan hairspray pada sisir kemudian gunakan untuk menyisir rambut.
  • Apabila rambut anda bermasalah seperti bercabang atau berketombe, maka gunakan hairspray hanya pada bagian ujung rambut untuk mencegah kerusakan berlebihan.

Perawatan Sesudah Memakai Hairspray

Jika anda memakai hairspray cukup sering, maka ada dua hal yang wajib anda lakukan ketika sesudah memakai hairspray tersebut yakni keramas dan juga lakukan perawatan rambut dengan teratur.

  • Keramas: Sesudah memakai hairspray, banyak orang yang malas untuk segera membersihkan rambut karena terlalu lelah hairspray tersebut tetap melekat pada rambut ketika tidur. Hindari hal ini dan segera keramas rambut anda dengan air dingin kemudian aplikasikan pelembab rambut serta vitamin untuk menjaga kesehatan rambut.
  • Lakukan perawatan: Apabila hairspray ini anda gunakan setiap hari, maka anda juga harus rajin merawat kesehatan rambut. Rambut memiliki sifat yang sama dengan tubuh yakni bisa rusak jka terus menerus terpapar bahan kimia dan bisa berujung pada kebotakan.

Demikian informasi singkat apa saja bahaya menggunakan hairspray dan beberapa tips cara menghindari bahaya tersebut.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage