Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / 9 Bahaya Menggunakan Hair Dryer dan Cara Mengatasinya

9 Bahaya Menggunakan Hair Dryer dan Cara Mengatasinya

/
/
447 Views

Ada banyak tools dan alat yang digunakan untuk merawat rambut, salah satunya adalah hair dryer.

Hair dryer adalah alat untuk mempercepat proses pengeringan rambut dengan beberapa pengaturan tingkat suhu, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sekarang ini, ada banyak pilihan hair dryer yang tersedia mulai dari jenis ukuran dan juga bentuk sebagai cara produsen untuk memenuhi keinginan para konsumennya.

Sayangnya, disamping manfaatnya dalam merawat rambut, terdapat bahaya menggunakan hair dryer yang jarang diketahui orang. Di artikel rambutalami.com kali ini kita akan membahasnya secara mendetail.

Kegunaan Hair Dryer

Hair dryer sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk mengeringkan rambut lebih cepat dibandingkan memakai handuk biasa, namun juga ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan seperti:

  • Memberikan tampilan rambut terlihat lebih halus dan berkilau dalam waktu singkat.
  • Bisa membantu menata rambut lebih baik.
  • Membuat rambut tipis terlihat lebih mengembang

Efek Samping Penggunaan Hair Dryer

Bahaya menggunakan hair dryer
Bahaya menggunakan hair dryerer

Namun dibalik banyak kegunaan hair dryer khususnya bagi anda yang sibuk, ternyata ada juga beberapa masalah yang bisa ditimbulkan dari penggunaan hair dryer khususnya jika digunakan dengan panas yang tinggi dan terlalu sering.

Berikut ini beberapa bahaya menggunakan hair dryer:

  1. Merusak Kutikula Rambut

Saat anda menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, maka anda menerapkan tekanan udara dan panas ekstra agar bisa mengeringkan rambut dengan cepat.

Jika ini dilakukan terus menerus, maka bisa merusak kutikula rambut baik sementara ataupun permanen tergantung dari seberapa lama dan sering anda gunakan hair dryer tersebut.

Kerusakan kutikula rambut bisa terjadi permanen jika anda sudah menggunakan hair dryer sejak lama dan memakai panas yang paling tinggu.

  1. Penyebab Rambut Rontok

Salah satu alasan mengapa rambut bisa rontok dalam jumlah banyak kemungkinan bisa terjadi karena anda selalu mengeringkan rambut memakai hair dryer setiap kali selesai keramas.

Panas berlebihan yang dihasilkan dari hair dryer bisa menyebabkan pori pori kulit kepala menjadi terbuka sehingga rambut jadi lebih mudah rontok.

  1. Tekstur Rambut Berubah Menjadi Kering

Hembusan angin panas yang dihasilkan dari hair dryer secara tidak langsung juga akan menyerapan kelembaban dan nutrisi yang terkandung pada setiap helai rambut anda.

Akhirnya, rambut menjadi kering dan tidak bernyawa yang membuat tampilan rambut terlihat berantakan dan kusam.

Untuk itu, jangan jadikan kebiasaan memakai hair dryer ini setiap kali keramas dan sebaiknya biarkan rambut anda mengering dengan sendirinya.

  1. Menyebabkan Rambut Bercabang

Kerusakan lain yang bisa ditimbulkan dari hair dryer terlalu sering sebetulnya tidak setimpal dengan manfaat dari hair dryer yang bisa mengeringkan rambut secara cepat.

Terlalu banyak mengeringkan rambut bisa menyebabkan lapisan bagian terdalam rambut mengalami kerusakan dan akhirnya menjadi penyebab ujung rambut yang bercabang.

Untuk mencegah dampak buruk ini, sebaiknya anda gunakan pelindung termal sebelum mulai mengeringkan rambut memakai hair dryer yang anda miliki.

  1. Menghilangkan Tekstur dan Bentuk Rambut

Jika anda terlalu sering mengeringkan rambut memakai hair dryer, maka secara bertahap anda mulai melihat perubahan yang terjadi pada rambut anda seperti kusam dan kehilangan kilau alaminya.

Lapisan terluar dari rambut juga akan mengembang sehingga bentuk rambut terlihat berantakandan teksturnya bertambah kasar.

  1. Mengeringkan Kulit Kepala

Kelembaban sangatlah penting bagi kulit kepala sebab kekuatan rambut bisa didapatkan dari kulit kepala yang sehat dan terjaga kelembabannya.

Saat anda menggunakan hair dryer, maka panas yang dihasilkan juga akan sampai ke kulit kepala sehingga menjadi kering dan kemungkinan juga timbul beberapa masalah seperti iritasi, gatal gatal timbul banyak serpihan dan kerusakan rambut.

  1. Menghilangkan Minyak Alami dan Bakteri Baik

Memakai hair dryer dengan panas tinggi dan terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan hilangnya minyak alami pada rambut sehingga sangat mudah rusak.

Selain itu, hair dryer juga bisa membunuh bakteri baik yang ada pada rambut dan sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala.

  1. Memudarkan Warna Alami Rambut

Keratin merupakan zat yang terdapat pada rambut pemberi warna rambut anda.

Ketika anda menggunakan hair dryer dengan tingkat panas paling tinggi, maka keratin mengalami oksidasi yang membuat rambut hitam anda secara perlahan berubah warna menjadi sedikit merah dan kusam.

  1. Meningkatkan Risiko Kebotakan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika panas berlebih yang dihasilkan dari hair dryer akan semakin melemahkan kondisi akar rambut.

Hal ini tidak hanya berdampak pada kerontokan, namun juga bisa merusak pori pori kulit kepala secara permanen sehingga rambut baru tidak lagi bisa tumbuh dan anda mengalami kebotakan rambut.

Cara Mencegah Kerusakan Rambut Karena Hair Dryer

Untuk mencegah beberapa hal buruk yang bisa terjadi pada rambut ketika memakai hair dryer, maka ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan untuk pencegahan atau setidaknya meminimalisir kerusakan dari rambut anda.

  1. Pakai Suhu Terendah

Panas ekstrim yang dihasilkan dari hair dryer menjadi penyebab kerontokan pada rambut.

Cara terbaik untuk mengendalikan panas hair dryer adalah dengan menggunakan pengaturan paling rendah pada hair dryer yang sudah cukup baik dalam mengeringkan rambut anda.

  1. Jangan Arahkan Langsung Pada Akar Rambut

Mengarahkan hair dryer terlalu dekat pada rambut sehingga sampai mengenai akar rambut menjadi kesalahan umum yang banyak dilakukan.

Lindungi akar rambut anda dengan cara mengarahkan hair dryer hanya pada bagian ujung rambut agar kelembaban alami pada rambut dan kulit kepala tidak hilang seluruhnya.

Perlu diketahui jika minyak alami yang dihasilkan kulit kepala berfungsi untuk menjaga rambut anda terhidrasi sepanjang hari.

  1. Jangan Lakukan Pada Area Tertentu Terlalu Lama

Saat anda mengeringkan area rambut tertentu dengan hair dryer, maka hal tersebut bisa menghilangkan kelembaban rambut dan kulit kepala bahkan bisa menyebabkan rambut dan kulit kepala terbakar dan bisa menyebabkan kerusakan permanen dan jaringan parut.

Pastikan anda menggerakan hair dryer secara merata ke seluruh bagian rambut tanpa harus berkonsentrasi pada area rambut tertentu terlalu lama.

  1. Jangan Gunakan Setiap Hari

Sebaiknya, jangan gunakan hair dryer ini untuk mengeringkan rambut setiap hari karena bisa menyebabkan berbagai kerusakan rambut dan kulit kepala.

Untuk itu, pastikan anda memberi jeda waktu penggunaan hair dryer agar rambut bisa beristirahat dan memulihkan kesehatannya kembali.

  1. Pakai Produk Pelindung Panas

Produk rambut pelindung panas memang dirancang khusus agar rambut anda bisa tetap terlindungi ketika memakai alat styling bersuhu tinggi seperti hair dryer dan alat pengering rambut lainnya.

Umumnya anda bisa membeli produk pelindung rambut dari panas ini dalam bentuk semprotan atau krim.

Meski cara ini tidak bisa mencegah kerusakan rambut hingga 100%, namun setidaknya sudah cukup baik dalam mencegah hilangnya kelembaban alami kulit kepala dan rambut secara menyeluruh.

Mengingat banyaknya efek buruk yang bisa disebabkan karena hair dryer, untuk itu anda sebaiknya lebih bijak menggunakan alat yang sebenarnya bisa banyak membantu ini.

Jangan gunakan hair dryer lebih dari 3 kali seminggu supaya rambut bisa tetap sehat dan tidak menghilangkan kelembaban alami rambut anda.

Pastikan juga anda memakai suhu terendah dari hair dryer supaya bisa tetap mengeringkan rambut tanpa harus merusak kesehatan rambut.

Demikian beberapa bahaya menggunakan hair dryer dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage