Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / 7 Bahaya Menggunakan Gel Rambut

7 Bahaya Menggunakan Gel Rambut

/
/
277 Views

Gel rambut memiliki manfaat untuk mempermudah penataan rambut. Sayangnya terdapat beberapa bahaya menggunakan gel rambut bagi kesehatan tubuh dan kulit kepala.

Saat ini ada banyak jenis produk gel rambut, mulai dari medium hold, gel rambut organik dan bahkan berwarna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan para penggunanya.

Gel rambut pada dasarnya memang merupakan produk berbahan kimia, namun beberapa produsen juga menggunakan berbagai bahan alami untuk memberikan nutrisi pada kulit kepala dan juga rambut.

Meski banyak kegunaannya, terdapat beberapa efek samping dari gel rambut jika digunakan terlalu berlebihan, seperti yang akan kami ulas berikut ini.

Kandungan Bahan Kimia Dalam Gel Rambut

Sebelum kita membahas apa saja bahaya menggunakan gel rambut bagi kesehatan, kita perlu mengetahui apa saja kandungan kimia penyusun gel ini.

Gel rambut mengandung polimer yang akan melekat pada rambut tanpa diserap ke dalam batang rambut.

Gel rambut terbilang cocok digunakan untuk semua jenis rambut seperti rambut kering, bergelombang, bertekstur, berwarna dan jenis rambut lainnya.

Ada begitu banyak bahan kimia yang terkandung dalam gel rambut yang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah:

  1. Isopropyl Alcohol

Isopropyl alcohol merupakan pelarut yang ada dalam gel rambut, pewarna rambut dan juga lotion rambut.

Apabila bahan kimia ini terhirup, maka tidak hanya bisa menyebabkan pusing, mual dan sakit kepala, namun juga menyebabkan kerusakan rambut.

  1. Propylene Glycol

Propylene glycol biasanya digunakan dalam bahan pembuatan shampo, kondisioner dan juga gel rambut.

Zat ini bisa menembus ke kulit kepala kemudian menyerap protein di dalamnya sehingga kulit kepala akan semakin mengendur dan melemahkan akar rambut anda.

  1. Polyethylene Glycol

Polythylene glycol umumnya digunakan dalam produk pembersih tubuh, perawatan tubuh dan juga penataan rambut.

Di dalam gel rambut, zat ini bisa menyebabkan masalah pada kulit kepala yakni penuaan dini pada kulit kepala anda sehingga menghambat pertumbuhan rambut yang baru.

  1. Sodium Lauryl Sulpahe [SLS] dan Sodium Laureth Sulphate [SLES]

Dua jenis zat kimia ini menjadi beberapa bahan kimia paling berbahaya yang biasanya terdapat dalam kondisioner, foam rambut, hairspray dan juga gel rambut.

Bahan kimia ini bisa menghambat pertumbuhan rambut dan memperburuk kerontokan rambut. Bahkan SLS juga bisa menyebabkan katarak, jika sampai terserap ke dalam kulit dan kontak langsung dengan mata.

  1. DEA, MEA dan TEA

Diethanolamine [DEA], momoethanolamine [MEA] dan juga triethanolamine [TEA] merupakan bahan bahan kimia yang serng digunakan dalam shampo, kondisioner, gel rambut dan berbagai produk penataan rambut lain yang dianggap bisa memicu kanker.

  1. FD dan C Colour Pigments

FD dan juga C colour pigments juga menjadi bahan kimia yang sering digunakan dalam produk perawatan dan penataan rambut.

Bahan ini umumnya mengandung pewarna buatan serta sintetis supaya produk penataan dan perawatan rambut tersebut terlihat lebih menarik.

Warna-warna yang dihasilkan dari bahan kimia tersebut bisa menyebabkan iritasi kulit dan juga masalah saraf.

  1. Formaldehyde

Ini merupakan bahan kimia dalam produk rambut yang bisa menyebabkan pemakainya mengalami sakit kepala, alergi, kelelahan bahkan sampai menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Bahaya Menggunakan Gel Rambut Bagi Kesehatan

Bahaya menggunakan gel rambut
Bahaya menggunakan gel rambut

Dari sekian banyak bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan segala merk gel rambut, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut dan kulit kepala jika tidak digunakan secara tepat, terlalu banyak atau terlalu sering.

Beberapa bahaya menggunakan gel rambut yang bisa terjadi diantaranya adalah:

  1. Merusak Warna Asli Rambut

Terlalu sering memakai gel rambut nantinya bisa membuat warna asli rambut anda lebih cepat rusak, yang disebabkan karena bahan-bahan kimia dalam gel rambut tersebut, selain tentunya juga merusak kesehatan rambut secara menyeluruh.

  1. Menyebabkan Ketombe

Salah satu bahaya menggunakan gel rambut yang paling umum adalah menyebabkan rambut berketombe dan gatal-gatal.

Gel rambut mengandung kadar minyak terlalu berlebih sehingga bisa menyebabkan minyak semakin menumpuk di kulit kepala.

Pori-pori kulit kepala yang rusak dan menggumpal tersebut nantinya bisa menyebabkan kulit kepala terlihat seperti pecah pecah dan ketombe akhirnya terbentuk.

  1. Kerontokan Rambut

Penggunaan gel rambut secara tidak langsung juga menjadi penyebab kerontokan rambut khususnya jika anda memiiki alergi tertentu sehingga kandungan dalam gel rambut bisa memicu reaksi buruk di kulit kepala dan akhirnya kerontokan rambut terjadi.

Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas kulit kepala yang berbeda beda, sehingga akan lebih baik sebelum menggunakan gel rambut, pastikan anda membaca kemasan dengan baik untuk melihat apakah ada kandungan yang bisa merusak rambut anda.

Selain itu, kebiasaan menyisir rambut terus menerus sesudah menggunakan gel rambut ditambah dengan rambut yang diwarnai akan semakin memperparah kerontokan rambut sebab ada begitu banyak bahan kimia yang ada pada rambut anda.

  1. Mengurangi Kelembaban Alami Rambut

Semua jenis gel rambut dibuat dengan berbagai macam bahan kimia yang tentunya tidak sehat bagi rambut dan akan merusak rambut secara perlahan seiring pemakaiannya, seperti menghilangkan kelembaban alami pada rambut anda.

Apabila kelembaban alami rambut sudah berkurang, maka semakin lama akan mudah kering dan patah.

  1. Menyebabkan Rambut Kering dan Dehidrasi

Gel ambut mengandung alkohol dan juga bahan kimia korosif yang bisa menghilangkan kelembaban alami dari rambut dan juga kulit kepala, sehingga tekstur rambut akan semakin kering dan dehidrasi.

Gel rambut akan mengurangi kelembaban sekaligus mengurangi produksi sebum, sehingga tekstur rambut selain kering, rapuh dan lebih mudah patah, yang bahkan bisa menyebabkan masalah di kulit kepala seperti gatal dan bersisik.

  1. Mengandung Propilen Glikol

Propelin glikol merupakan bahan yang terkandung dalam gel rambut untuk memberikan tampilan rambut berkilau, rembut dan terlihat sehat.

Akan tetapi dalam prosesnya, protein akan dipecah dan juga struktur sel dalam proses tersebut.

Kandungan propilen glikol dalam gel rambut sebenarnya juga sudah masuk dalam bahan perawatan rambut yang bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh, rambut dan kulit kepala jika digunakan terlalu sering atau terlalu banyak.

  1. Menghambat Pertumbuhan Rambut

Berbagai bahan kimia yang ada dalam gel rambut juga bisa menghambat pertumbuhan rambut yang baru.

Beberapa bahan kimia seperti isopropil alkohol, mineral oil, PEG polyethylene glycol, propylene glycol, sodium laureth sulfate, chlorine, sodium lauryl sulfate dan beberapa jenis bahan kimia lainnya, nantinya akan memberikan efek buruk yakni menahan pertumbuhan rambut baru.

Untuk mencegah efek buruk tersebut, maka imbangi dengan penggunaan hair tonic atau vitamin rambut lainnya, agar kesehatan rambut bisa tetap terjaga dengan baik.

Meskipun kegunaan dari gel rambut sangat beragam mulai dari memberikan tampilan rambut lebih rapi, menghaluskan rambut yang berantakan dan masih banyak lagi, namun sebenarnya ada efek samping berbahaya yang bisa ditimbulkan dari gel rambut apabila terlalu banyak digunakan dan sering digunakan.

Demikian beberapa bahaya menggunakan gel rambut bagi kesehatan. Untuk menghindari bahaya tersebut, maka anda sebagai konsumen harus lebih bijak dalam penggunaannya, dan tambahkan dengan vitamin rambut agar kesehatan rambut terjaga dengan baik.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage