Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Rambut / Bahaya Kutu Rambut Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Kutu Rambut Yang Perlu Anda Ketahui

/
/
214 Views

Bahaya kutu rambut

Kutu rambut merupakan parasit yang menetap di rambut dan menyebabkan efek negatif dan berbahaya bagi penderitanya.

Kutu rambut dapat hadir pada siapapun, baik wanita maupun pria, baik anak kecil hingga dewasa sekalipun. Kutu rambut dapat hadir dan menganggu penderitanya, bahkan jika tidak segera diatasi tentunya akan menyebabkan ketidaknyamanan.

Ciri-ciri rambut yang terkena kutu biasanya akan menyebabkan rasa gatal yang berlebihan karena kehadiran kutu yang berjalan di rambut dan kulit kepala.

Kutu rambut ini dapat menular dari satu orang ke orang lainnya dengan kontak langsung. Tak hanya menyebabkan rasa gatal, ada bahaya lainnya yang diakibatkan kutu rambut. Apa saja bahaya kutu rambut? Berikut ini penjelasannya.

  1. Pediculosis Kapitis

Pediculosis kapitis atau iritasi kulit merupakan bahaya pertama yang mungkin bisa anda alami ketika dihinggapi kutu rambut.

Pediculosis kapitis merupakan penyakit gatal-gatal yang menyerang kulit kepala yang diakibatkan air liur yang berasal dari kutu rambut.

Awalnya kutu betina akan berkembang biak dan membuat kutu akan semakin banyak hinggap di rambut.

Kutu ini makan dengan menghisap darah yang ada di kulit kepala, hal ini yang kemudian menyebabkan timbulnya rasa gatal saat anda diserang kutu rambut.

Tak hanya air liur, kutu rambut juga mengeluarkan kotoran yang terkadang menyebabkan rambut menjadi bau. Untuk itu lah tak heran jika rambut seringkali bau tak sedap saat dihinggapi kutu rambut.

  1. Kulit Kepala Memerah

Bahaya yang paling sering dialami bagi penderita kutu rambut adalah kulit kepala yang memerah.

Dampak negative ini disebabkan karena munculnya rasa gatal ketika kutu menghisap darahdi kulit kepala.

Selain itu, bagi anda pemilih kulit sensitif juga dapat menjadi faktor utama yang menyebabkan kulit kepala memerah.

Kulit kepala yang menjadi merah tersebut lama-lama dapat menjadi luka yang semakin parah jika digaruk terus menerus. Tentunya hal ini akan membuat penderitanya tidak nyaman sepanjang hari.

  1. Kurang Tidur

Tanpa disadari, penderita kutu rambut akan mengalami kurang tidur terutama saat malam hari.

Setelah seharian beraktivitas, tentu saja tubuh membutuhkan istirahat yang berkualitas di malam hari. Namun kondisi ini tidak akan didapatkan jika anda memiliki kutu rambut.

Saat malam hari, kutu rambut akan bergerak aktif dan menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Dan tentu saja hal ini akan berdampak pada waktu tidur yang berkurang. Kondisi ini jika tidak segera diatasi maka tentunya akan berpengaruh pada jangka waktu yang lama.

  1. Koreng Di Kulit Kepala

Kutu rambut yang menyerang kulit kepala tentunya tidak boleh disepelekan, jika sampai terlambat penanganannya maka akan menyebabkan koreng di kulit kepala anda.

Hal ini dikarenakan kutu mengeluarkan kotoran di kulit kepala, bahkan tak hanya kotoran, kutu rambut juga memproduksi air liur yang kemudian menyebabkan tumpukan kuman yang menjadi penyebab utama munculnya koreng pada kulit kepala.

Koreng akan menjadi lebih buruk saat anda terus menerus menggaruk kulit kepala.

  1. Eksim

Penyakit ini mungkin kurang begitu dikenal oleh masyarakat. Namun eksim sebenarnya sejenis dengan ruam maupun koreng.

Yang mana ciri-cirinya adalah munculnya kemerahan, bengkak, hingga radang. Biasanya eksim ini disertai dengan gatal yang menganggu.

Jika kutu rambut tak segera anda atasi, maka akan menyebabkan resiko munculnya eksim di kulit kepala. Pasalnya anda akan selalu menggaruk kulit kepala saat gatal dan menyebabkan kulit menjadi lecet.

  1. Impetigo (Penyakit Menular)

Bahaya kutu rambut lainnya yang cukup ditakuti oleh banyak orang adalah impetigo. Penyakit ini merupakan infeksi pada kulit manusia yang disebabkan oleh bakteri streptococcus atau sthaphylococcus.

Penyebab munculnya penyakit ini dikarenakan adanya goresan atau sayatan luka pada kulit kepala. Akibatnya akan mudah untuk menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang kemudian berkembang dan menyebabkan infeksi.

Perbedaan impetigo dengan eksim adalah pada potensi penularannya. Jika eksim bukanlah penyakit yang dapat menular, berbeda dengan impetigo yang dapat dengan mudah menular ke orang lain meskipun hanya bersentuhan kulit saja.

Impetigo ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu bulosa dan non bulosa. Untuk jenis impetigo bulosa ditandai dengan lepuhan kecil pada kulit yang memiliki nanah. Sedankan untuk jenis impetigo nonbolusa hanya memiliki bercak merah pada kulit.

  1. Infeksi Pada Kemaluan

Banyak orang yang mungkin berpikir jika kutu hanya menyerang rambut kulit kepala saja. Padahal kutu juga dapat menyerang daerah kemaluan tanpa disaradari.

Pada umumnya yang sering mengalami kondisi seperti ini adalah orang dewasa. Hal ini disebabkan karena penularan kutu rambut yang melalui hubungan biologis.

Sehingga jika salah satu orang terkena kutu di daerah kemaluannya, maka kemungkinan besar dapat menular ke pasangannya jika tidak diatasi dengan segera.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Bahaya kutu rambut yang selanjutnya adalah dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, misalnya saja tekanan darah tinggi.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kutu rambut yang tidak segera diatasi akan menyebabkan seseorang kurang tidur akibat rasa gatal yang diakibatkan kutu rambut.

Kurangnya waktu tidur ini lah yang kemudian menyebabkan tubuh tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Secara tidak langsung hal ini dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan membuat seseorang mudah marah. Untuk itu lh segera atasi kutu rambut yang menyerang agar tidak menyebar dengan cepat.

  1. Menimbulkan Ketidakpercayaan Diri

Kutu rambut juga dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan rasa kepercayaan diri.

Rasa percaya diri yang tadinya meningkat karena penampilan yang bersih dan sehat, menjadi terbalik saat mengalami kutu rambut.

Apalagi jika kutu rambut yang menyerang cukup banyak, maka tentu saja akan menyebabkan rasa malu.

Biasanya kutu rambut akan memproduksi telur yang menempel pada helai rambut. Jika diliha dari dekat, tentu saja telur-telur tersebut akan terlihat oleh orang lainnya.

Tentu saja ini akan menimbulkan masalah tersendiri karena menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Untuk itulah segera atasi kutu dan telur rambut yang menempel di rambut agar rasa percaya diri anda dapat kembali.

  1. Daya Ingat Menurun

Masalah lainnya yang disebabkan karena munculnya kutu rambut adalah dapat menyebabkan daya ingat menjadi menurun.

Pada hal ini, yang berperan adalah bagian otak. Hanya saja fungsi dan kinerja otak dalam mengingat sesuatu dapat menurun saat kondisi tubuh melemah karena kekurangan waktu tidur.

Otak tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga menyebabkan peformanya menjadi menurun. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi aktivitas anda sehari-harinya jika kutu rambut tak segera diatasi.

Nah itu tadi beberapa bahaya kutu rambut yang jarang diketahui orang. Tak hanya dapat menyebabkan gatal dan penyakit lainnya saja, efek psikologis juga dapat dialami oleh orang-orang yang terserang kutu rambut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

adimage